Operasi Mantap Praja Amankan Pilkada

Kapolda Jateng Irjen Pol Condro Kirono (kanan) bersama KH Maimun Zubair (tengah) didampingi Kapolres Kudus AKBP Agusman Gurning. FOTO: BURHANUDDIN FIRDAUS/JATENGPOS.CO.ID

JATENGPOS.CO.ID, KUDUS – Menjelang pelaksanaan Pemilihan Gubernur-Wakil Gubernur Jateng (Pilgub) dan Pemilihan Bupati-Wakil Bupati (Pilbup) tahun 2018 mendatang, jajaran Polda Jateng siap mengamankan perhelatan dua pesta demokrasi tersebut, melalui Operasi Mantap Praja.

Kapolda Jateng Irjen Pol Condro Kirono mengatakan, di wilayah Jateng ada tujuh kabupaten/kota yang melaksanakan Pilkada serentak pada 27 Juni 2018 mendatang. Untuk itu, masing-masing Polres harus melaksanakan kegiatan Operasi Mantap Praja.

“Kami harus siap mengamankan pelaksanaan Pilkada dan Pilgub Jateng, agar seuatu hal yang tidak diharapkan tidak terjadi,” ujar Condro saat berkunjung di Kabupaten Kudus belum lama ini.

Untuk mengamankan kegiatan pesta demokrasi tersebut, Polda Jateng siap menerjunkan dua pertiga kekuatan atau sebanyak 35 ribu personil polisi.

Selain itu, Polda melakukan koordinasi dengan sejumlah pihak terkait, yakni TNI, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), KPU dan partai politik (Parpol). “Kami juga melakukan koordinasi dengan para pasangan calon (Paslon) beserta tim suksesnya,” terangnya.

Selain jajaran tim pengamanan dan pelaksana Pemilu, Condro juga meminta bantuan media massa baik cetak, online, televisi dan lainnya, turut mensosialisasikan suasana kondusif selama pelaksanaa Pilkada berlangsung. “Siapapun calon yang akan dipilih, jangan sampai itu menjadikan konflik,” pintanya.

Condro mengakui, saat ini tahapan Pilkada serentak masih bergulir di lingkup Bawaslu dan KPU. Jajaran Polri hanya mengikuti alur yang sedang berjalan. Jika sudah ada intruksi, akan dilakukan persiapan pengamanan. “Jika sudah saatnya nanti, kami siapkan pengamanan Pilkada,” tandasnya. (han/rif)