Optimisme Konsumen Jateng Meningkat

- NDARI SURJANINGSIH- Deputi Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Jateng. FOTO : DOK.HUMAS/ANING KARINDRA/JATENG POS

JATENGPOS.CO.ID,  SEMARANG – Kantor Perwakilan Bank Indonesia Jawa Tengah mencatat, optimisme konsumen terhadap perekonomian di wilayahnya terus meningkat. Hal ini tercermin pada Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) Januari 2024 yang meningkat menjadi 135,28 dibanding Desember 2023 (133,33).

Deputi Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Jateng, Ndari Surjaningsih mengatakan, optimisme konsumen yang meningkat tersebut sejalan dengan hasil Survei Konsumen secara nasional dan perkembangan di kota Semarang, Solo, Purwokerto, dan Tegal.

“Peningkatan optimisme konsumen ditopang oleh indikator saat ini dan ekspektasi kedepan. Indeks Kondisi Ekonomi Saat Ini (IKE) Januari 2024 tercatat sebesar 120,63, didukung oleh indikator penghasilan konsumen, ketersediaan lapangan kerja, dan konsumsi barangbarang kebutuhan tahan lama,” katanya.

Sementara, persepsi masyarakat terhadap kondisi ekonomi 6 bulan ke depan (Indeks Ekspektasi Konsumen – IEK) berada di level 149,93, menmgkat dibandingkan Desember 2023 (146,59).

Kuatnya optimisme dimaksud didukung oleh komponen ekspektasi penghasilan, ketersediaan lapangan kerja, dan kegiatan usaha.

“Dengan mempertimbangkan indikator di atas, optimisme konsumen ke depan diprakirakan masih akan meningkat dan kuat,” pungkasnya.(aln)