P5 SD Negeri Kalipancur 01 Semarang Siapkan Bibit Unggul Pondasi Bangsa

Jatengpos.co.id-Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) merupakan program kurikulum merdeka yang bertujuan untuk menanamkan nilai-nilai Pancasila kepada peserta didik. Program ini memberikan kesempatan bagi peserta didik untuk mempelajari isu-isu penting di sekitar mereka. Karakter yang diangkat dalam program P5, meliputi nilai religius, nasionalis, integritas, mandiri, dan gotong royong. Untuk menerapkan nilai-nilai tersebut, SDN Kalipancur 01 Semarang mengadakan kegiatan-kegiatan pendidikan karakter yang rutin dilaksanakan setiap minggu. Dalam pelaksanaanya, kegiatan tersebut dilakukan secara terjadwal, mulai dari hari Senin diadakan kegiatan upacara bendera, Selasa diadakan kegiatan literasi kelas, Kamis diadakan kegiatan gelar seni, dan Jumat diadakan kegiatan religius, kesehatan, serta aksi peduli. Setiap satu bulan sekali juga diadakan literasi umum tepatnya pada hari Kamis di minggu terakhir.

Kegiatan literasi bahasa dilakukan dengan membaca, bercerita dan memberikan apresiasi. Siswa tidak hanya dibiasakan membaca namun juga mengapresiasi agar mereka dapat berpikir kritis dan menjadi orang yang solutif. Dalam mewadahi minat dan bakat siswa, sekolah mengadakan kegiatan gelar seni sebagai sarana bagi anak-anak untuk menunjukkan minat dan bakat mereka. Siswa juga ditanamkan rasa empati melalui kegiatan aksi peduli. “Dalam kegiatan aksi peduli, siswa diminta menyisihkan sedikit uang sakunya untuk diberikan kepada teman yang lebih membutuhkan, misalnya anak yatim. Dalam event-event tertentu, kita juga memberikan bantuan tersebut ke panti asuhan,” ujar Parjaka S.Pd selaku penanggung jawab kesiswaan.

Parjaka juga menyampaikan peran dari instansi-instansi terkait dibutuhkan dalam upaya menanamkan pendidikan karakter bagi siswa. “Kami sering mengundang instansi-instansi terkait yang berkompeten, salah satunya pihak kepolisian untuk memberikan penyuluhan anti narkoba, anti bullying, dan peraturan lalu lintas. Kami juga bekerja sama dengan Puskesmas setempat dalam memperhatikan gizi para siswa melalui program makanan sehat. Himpunan Dokter Gigi Indonesia juga sudah pernah kami datangkan untuk memberikan penyuluhan ke SDN Kalipancur 01,” katanya.

Selain mengadakan kegiatan-kegiatan rutin di sekolah, SDN Kalipancur 01 juga menanamkan pendidikan karakter dengan cara mengajak para siswa mengeksplorasi lingkungan sekitar. Misalnya mengajak anak-anak melihat secara langsung cara menanam bibit buah dan budi daya hewan-hewan yang berada di Desa Kalipancur. Dengan demikian, pihak sekolah bekerja sama dengan orang tua dan masyarakat dengan memberikan kesempatan bagi siswa untuk belajar dan menggali pengetahuan lebih dalam dari lingkungan sekitarnya. (Mg5-Nurhasanah/Nur Khanifah)