Beranda Ekonomi Pameran HomeTech Diburu Masyarakat

Pameran HomeTech Diburu Masyarakat

Penjualan Ditarget Tumbuh 12%

108
RAMAI: Pameran HomeTech ke-47 diburu masyarakat karena banyak promo menarik. FOTO : IST/ANING KARINDRA/JATENG POS
RAMAI: Pameran HomeTech ke-47 diburu masyarakat karena banyak promo menarik. FOTO : IST/ANING KARINDRA/JATENG POS

JATENGPOS.CO.ID, SEMARANG – Di zaman serba canggih saat ini hampir semua lini kehidupan manusia membutuhkan namanya perangkat elektronik & ponsel, segala aktifitas manusia saat ini tidak lepas dari menggunakan barang elektronika. Produk ini selalu dicari oleh banyak orang, entah itu televisi, gadget, kulkas, AC, mesin cuci, kipas angin dan lain sebagainya.

Itu sebabnya, prospek bisnis elektronik tetap cerah di tahun Shio Tikus ini, karena perkembangan teknologi yang selalu banyak peminat nya. Tidak ada batas kadaluarsa, barang jangka panjang dan bisa dijual kapan saja.

Perkembangan yang cepat dan perubahan lanskap pasar di Indonesia, ternyata telah menciptakan peluang baru yang menarik bagi bisnis ritel elektronik. Indonesia sendiri merupakan salah satu anggota G20 dengan peringkat ke-16 untuk ekonomi dunia dan mencatatkan perkembangan ekonomi terbesar di Asean dengan kenaikan PDB 5,2% setiap tahun.

Praktisi bisnis ritel elektronik yang juga Managing Director Superstore Global Elektronik Semarang, Gouw Andy Siswanto memaparkan, saat ini masyarakat kelas menengah Indonesia sebagai demografi pasar utama untuk penjualan elektronik, mencapai 70 juta orang, dan akan tumbuh menjadi 130 juta orang pada tahun 2030. Indonesia juga merupakan basis konsumen yang menjanjikan, dengan populasi usia produktif (15-65 tahun) mencapai 68% total penduduk.

“Perilaku konsumen yang mengalami modernisasi menciptakan peluang baru bagi produk baru dan merek baru untuk memasuki pasar domestik. Apalagi elektronik saat ini menempati urutan kedua untuk transaksi penjualan terbanyak secara offline, selain melalui e-commerce,” kata Andy.

Potensi ekonomi yang terus tumbuh, kata Andy lebih lanjut, menjadi pendorong pihaknya menyelengarakan pemeran HomeTech 2020, pameran tematik yang ke-47 kalinya, yang digelar pada tanggal 22 Januari hingga 11 Februari 2020 di Jalan Pandanaran 102 (Kawasan Simpang Lima) dan Jalan MT Haryono 509A (Pusat Elektronik) Semarang, pameran terbuka untuk umum. Diikuti 4 merek branded elektronik, yakni Beko, Sharp, Samsung, dan Midea.

Gouw Andy Siswanto menambahkan, kurs dolar yang relatif stabil awal tahun ini berdampak positif terhadap penjualan perangkat elektronik. Untuk memaksimalkan peluang itu dan mendongkrak penjualan, Global Elektronik menghelat pameran.

“Kami menargetkan penjualan perangkat elektronika di pameran diharapkan meningkat sampai 12 persen, lebih baik ketimbang periode yang sama tahun lalu. Selain karena kurs dolar menguat, sales barang elektronik melonjak dan daya beli masyarakat meningkat jelang Tahun Baru IMLEK hingga Cap Ngo Meh nanti,” ujarnya.

Permintaan barang-barang elektronik, terutama mesin cuci, kulkas, TV dan AC, awal tahun ini mengalami peningkatan signifikan, karena belakangan ini musim hujan. Angka penjualan mesin cuci juga tumbuh 8 persen. Selain itu, pameran bersamaan dengan perayaan Tahun Baru Imlek 2571 yang jatuh pada tanggal 25 Januari sampai dengan Cap Ngo Meh tanggal 8 Februai 2020 yang tentunya masyarakat membutuhkan perangkat elektronik baru.

Untuk itu, digelar pula program promo menarik, antara lain memberikan hadiah sepeda motor Yamaha Mio, TV Samsung, Microwave Sharp, Magic Com merek Beko, dan Air Cooler Midea.

Digelar promo cashback dari Samsung senilai Rp. 400.000 hingga Rp. 2,5 juta untuk pembelian produk Kulkas Side by Side dan Top Mount Freezer, Mesin Cuci Front Load dan Top Load. Cashbach Rp. 200.000 bagi pembeli produk Air Conditioner (AC) Samsung.

“Pameran juga menawarkan Sharp promo undian berhadiah 15 trip ke Yogyakarta untuk 15 pasang pemenang, dan 32 e-voucher (untuk GoPay, KFC, pulsa telepon, dan listrik) senilai Rp. 250.000,” kata Ketua Penyelenggara Pameran, Harwiyono.

Cashback Rp. 200.000 bagi yang belanja dengan Kartu Kredit Bank Mandiri di pameran untuk transaksi cicilan. Menyediakan hadiah langsung berupa Payung Golf, Souvenir Clutch, Traveling Bag, T-Shirt, dan Mug Cantik. (aln/muz)