Panggung Erling Haaland

Manchester City vs Borrusia Dortmund

JATENGPOS.CO.ID,  MANCHESTER – Manchester City menjamu Borussia Dortmund pada matchday kedua Grup G Liga Champions 2022/2023 di Etihad Stadium, Kamis (15/09/2022) dinihari pukul 02:00 WIB, disiarkan langsung SCTV, Champions TV 1 dan live streaming Vidio.com. Laga ini bakal jadi panggung striker 22 tahun Erling Haaland yang sudah mencetak 12 gol bersama The Citizens, dan diharap membobol mantan klubnya musim lalu.

Manchester City boleh dibilang memiliki kebugaran skuad yang lebih siap untuk menghadapi matchday 2 Liga Champion 2022/2023 kontra Borussia Dortmund. Pasalnya The Citizens tidak melakoni kompetisi domestik pada akhir pekan lalu, sebagai bentuk masa berkabung atas meninggalnya Ratu Elizabeth II.

Di samping itu Manchester City juga terhitung memiliki produktivitas gol yang bagus, terutama dengan moncernya kinerja Erling Haaland. Penyerang berkebangsaan Norwegia itu kali ini akan berupaya membobol gawang mantan timnya, Borussia Dortmund, pada matchday 2 Liga Champion 2022/2023.

Erling Haaland sampai saat ini sudah mencetak 2 gol di Liga Champion 2022/2023 bersama Manchester City. Gol tersebut dia lesakkan ketika timnya mengalahkan Sevilla lewat skor 4-0. Saat ini The Citizens memimpin klasemen Grup G bersama Borussia Dortmund, yang sama-sama sudah mengoleksi 3 poin.

Manchester City menang 4-0 lawan Sevilla pada matchday pertama. Man City tidak bermain akhir pekan lalu, karena Premier League menunda laga pekan ke-7 dan 8 untuk menghormati kematian Ratu Elizabeth II.

Dortmund menang 3-0 dari Copenhagen pada matchday pertama Grup G. Hanya saja, akhir pekan lalu, pasukan Edin Terzic menunjukkan performa buruk di Bundesliga. Dortmund kalah dengan skor 3-0 dari RB Leipzig.

Duel Man City vs Dortmund bakal menjadi momen emosional bagi Erling Haaland. Dia punya dua musim yang indah bersama Dortmund, sebelum pindah ke Man City awal musim 2022/2023 ini.

Setelah mencetak 86 gol dalam 89 penampilan selama dua setengah musim membela Dortmund, Erling Haaland pindah ke City musim panas kemarin. Tak butuh waktu lama bagi striker Norwegia itu untuk beradaptasi. Musim ini, bersama City, dia sudah mencetak 12 gol dalam delapan laga di semua kompetisi. Dia bakal menjadi tumpuan utama City saat melawan mantan klubnya nanti.

City dan Dortmund sama-sama mengawali langkah di grup ini dengan kemenangan meyakinkan. City menang 4-0 di kandang Sevilla, sedangkan Dortmund memukul FC Copenhagen 3-0 di Signal Iduna Park.

Haaland menyarangkan dua gol ke gawang Sevilla, sedangkan Phil Foden dan Ruben Dias masing-masing menyumbang satu gol. Sementara itu, gol-gol Dortmund saat menekuk Copenhagen diciptakan oleh kapten Marco Reus, Jude Bellingham, dan Raphael Guerreiro.

City tak ada pertandingan di Premier League akhir pekan kemarin karena ditunda seiring wafatnya Ratu Elizabeth II. Di lain pihak, Dortmund menelan kekalahan pahit 0-3 dari tuan rumah RB Leipzig di pentas Bundesliga.

City dan Dortmund terakhir kali bertemu di perempat final Liga Champions 2020/21. Waktu itu, City menyingkirkan Dortmund setelah menang kandang dan tandang dengan skor identik 2-1.

Dikutip dari situs web resmi UEFA, pelatih Manchester City Pep Guardiola mengaku senang dengan performa Erling Haaland. Ia juga yakin anak asuhnya tersebut bisa mencetak lebih banyak gol lagi, termasuk ketika menghadapi Borussia Dortmund.

Menurut Guardiola, Erling Haaland merupakan penyerang yang luar biasa, terutama saat berada dalam kotak penalti. Juru taktik berkebangsaan Spanyol itu berharap Haaland bisa terus mempertahankan performa tersebut, terutama di ajang Liga Champions.

“Erling Haaland memiliki penempatan posisi yang luar biasa. Cara mencari ruang dan finishing juga berkelas,” ucap Pep Guardiola, dikutip dari laman resmi UEFA.

Hal itu juga sudah disadari oleh Borussia Dortmund yang pernah diperkuat Erling Haaland. Die Borussen pastinya bakal bekerja ekstra keras untuk menghentikan pergerakan Haaland, serta membatasi agar ia tidak punya banyak peluang mencetak gol.

Tapi Dortmund juga wajib mewaspadai pemain Manchester City lain, yang punya potensi memanfaatkan ruang kosong yang ditinggalkan para bek yang terlalu fokus ke Haaland. Apalagi performa lini belakang Die Borussen juga tidak terlalu bagus saat kalah 3-0 dalam lawatan ke markas RB Leipzig.

Winger Borussia Dortmund, Julian Brandt, mengatakan kekalahan dari RB Leipzig menjadi peringatan untuk timnya. Mereka dianggap terlalu banyak melakukan kesalahan, dan hal ini harus dikurangi ketika bersua Manchester City.

“Kami bermain buruk melawan RB Leipzig, karena kami terlalu banyak melakukan kesalahan. Tapi kami harus bersiap menghadapi laga selanjutnya, karena memiliki laga yang menarik (melawan Manchester City),” ujar Julian Brand.

Manchester City diprediksi bakal bermain dengan pola 4-3-3. Pep Guardiola bisa menurunkan Erling Haaland bersama Phil Foden dan Riyad Mahrez di lini depan.

Sementara Borussia Dortmund diperkirakan memasang Anthony Modeste sebagai penyerang tunggal, dalam formasi 4-2-3-1. Ia bakal ditopang trio gelandang: Marius Wolf, Marco Reus, dan Julian Brandt.

Dari rekor head to head (H2H) Manchester City dan Borussia Dortmund terhitung saling mengalahkan. Kedua tim sama-sama merebut 2 kemenangan dan 1 hasil imbang, dari 5 pertemuan terakhir.

Meski demikian, 2 kemenangan Manchester City diraih dalam 2 laga termutakhir melawan Borussia Dortmund, yakni saat babak perempat final Liga Champion 2020/2021. Prediksi skor Manchester City 3 – 1 Borrusia Dortmund. (ito/riz)