Beranda Jateng Partisipasi Pemilih Pilgub di Kendal Tak Penuhi Target

Partisipasi Pemilih Pilgub di Kendal Tak Penuhi Target

213
Kunjungan Komisi A DPRD Jateng ke KPU Kendal. dok

 

JATENGPOS.CO.ID, KENDAL – KPU Kabupaten Kendal belum mampu mencapai target partisipasi pemilih dalam Pilgub Jateng 2018. Tercatat, data pemilih saat pilgub mencapai 68,30% dari target 70%.

Demikian diungkapkan Ketua KPU Kabupaten Kendal Wahidin Said, saat bertemu Komisi A DPRD Jateng, Senin (23/7). Meski tidak mampu mencapai target, namun angka itu masih cukup tinggi dibanding pilgub periode sebelumnya dengan kenaikan 10%.

“Dalam upaya peningkatan partisipasi pemilih, kami terus mengoptimalkan masukan dari Bawaslu Provinsi. Selain itu, kegiatan sosialisasi berupa seni budaya dan pengajian di desa-desa. Kemudian, kami berkoordinasi dengan Kesbangpol untuk acara-acara yang difasilitasi. Soal pemilih difabel, kami berkoordinasi dengan wadah-wadah yang menaunginya,” paparnya.

Ia juga mengatakan, walaupun tidak mencapai target, pihaknya sudah mencapai indikator keberhasilan pemilu, salah satunya tidak ada pemungutan suara ulang. Soal jumlah pemilih saat Pilgub 2018, jumlahnya sekitar 757 ribuan dengan total sebanyak 759.880.

“Saat pelaksanaan, ada 131 pemilih yang mengembalikan surat suara rusak dari total 519.030 surat suara di 1.795 TPS (tempat pemungutan suara). Dari hasil pelaksanaan itu, jumlah suara di Kendal untuk paslon (pasangan calon) nomor urut 1 sebanyak 298.680 suara dan paslon 2 sebanyak 121.250 suara,” jelasnya lagi.

Mendengar hal itu, Anggota Komisi A DPRD Jateng Jasiman mengaku sangat apresiatif dengan upaya KPU tersebut, meski belum mencapai target partisipasi pemilih. Sedangkan Bambang Joyo Supeno, Anggota Komisi A lainnya, tetap meminta KPU terus mengoptimalkan sosialisasi untuk pemilu berikutnya.

“Kami berharap KPU tetap mengoptimalkan sosialisasinya agar tingkat partisipasi pemilih terus meningkat,” harap Bambang.(ahm)