JATENGPOS.CO.ID, JAKARTA – PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) memastikan layanan telekomunikasi di Lumajang dan sekitarnya tidak terganggu pasca erupsi Gunung Semeru di Jawa Timur, pada Sabtu (4/12/2021) kemarin. Layanan Telkom masih dapat digunaka dengan jalur alternatif.
Vice President Corporate Communication Telkom, Pujo Pramono mengatakan, beberapa infrastruktur fiber optik milik Telkom terkena dampak erupsi Semeru, namun layanan telekomunikasi di daerah tersebut masih bisa dilayani. Sentral Telepon Otomat dan alat produksi lainnya terpantau dalam kondisi aman.
“Memang sebagian layanan di beberapa lokasi ada yang ikut terdampak dikarenakan padamnya listrik di wilayah sekitar gunung. Tapi telah dilakukan rerouting untuk link ruas jaringan yang putus Lumajang-Malang menggunakan rute lainnya,” katanya dalam keterangan, Minggu (5/12/2021).
Selain itu, lanjutnya, pihaknya saat ini tengah bekerja keras untuk terus melakukan pengecekan dan pemulihan layanan agar dapat beroperasi dengan normal.
“Saat ini kami terus melakukan pengecekan dan mempercepat pemulihan layanan jika memang ditemukan adanya perangkat jaringan yang terdampak atau terkendala catuan listrik. Kami terus berupaya untuk mengamankan layanan TelkomGroup agar tetap beroperasi normal,” ujarnya.
Selain berfokus pada layanan, Telkom juga menjalin kolaborasi dengan pemerintah daerah setempat untuk menyiapkan posko bantuan bagi masyarakat terdampak erupsi Gunung Semeru.
“Mari kita berdoa, semoga masyarakat yang berada di Lumajang dan sekitarnya diberikan keselamatan serta bencana ini bisa segera berlalu,” tandas Pujo.(aln)