Beranda Jateng Banyumas Pasokan Lancar, Harga Sejumlah Kebutuhan Pokok di Purwokerto Turun

Pasokan Lancar, Harga Sejumlah Kebutuhan Pokok di Purwokerto Turun

45

JATENGPOS.CO.ID, PURWOKERTO – Harga sejumlah kebutuhan masyarakat di Pasar Manis Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, berangsur turun seiring dengan pasokan yang mulai lancar

Dari pantauan di Pasar Manis, Selasa, harga bawang putih yang sebelumnya mencapai kisaran Rp52.000-Rp53.000 per kilogram, saat turun menjadi Rp49.000/kg.

Selain itu, harga telur ayam ras yang beberapa bulan terakhir bertahan pada kisaran Rp26.000-Rp27.000/kg, saat sekarang turun menjadi Rp23.000/kg.

Bahkan, harga daging ayam potong yang selama ini selalu di atas Rp32.000/kg, saat sekarang hanya sebesar Rp27.000/kg.

Salah seorang pedagang telur, Wasis mengakui jika harga telur ayam ras saat sekarang terjadi penurunan karena pasokan dari distributor lancar dan permintaan relatif stabil.

“Sampai sekarang permintaan dari masyarakat masih normal meskipun harga telur mengalami penurunan,” katanya.

Sementara itu, salah seorang pedagang daging ayam potong, Siti mengatakan penurunan harga daging ayam potong terjadi karena melimpahnya pasokan dari peternak.

Bahkan, kata dia, harga ayam pedaging yang masih hidup di tingkat peternak saat sekarang hanya sebesar Rp10.000/kg atau turun dari biasanya yang minimal sebesar Rp18.000/kg.

“Oleh karena itu, kami menjual daging ayam potong sebesar Rp27.000/kg. Akan tetapi, masyarakat saat sekarang cenderung membeli di tempat pemotongan ayam karena harganya Rp14.000/kg untuk satu ekor ayam untuh yang sudah disembelih dan dicabut bulu,” katanya.

Pedagang sayuran, Anjar mengatakan saat sekarang pasokan bawang putih mulai lancar sehingga harganya berangsur turun.

“Harga bawang putih saat sekarang Rp49.000/kg, semoga dapat segera kembali normal di kisaran Rp35.000/kg,” katanya.  (fid/ant)