Pejabat Eselon II dan III Wajib Laporkan Kekayaan

Sosialisasi e-Filling LHKPN oleh KPK di Pendopo Graha Satya Praja Sukoharjo. FOTO : ADE UJIANINGSIH/JATENGPOS

JATENGPOS.CO.ID, SUKOHARJO – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) RI mewajibkan setiap pejabat eselon II dan III ditingkat kabupaten/kota untuk melaporkan hartanya dalam Laporan Harta kekayaan penyelenggara Negara (LHKPN).

Untuk memudahkan, saat ini LHKPN bisa dilakukan secara online dengan aplikasi e-Filling LHKPN. Seperti yang disosialisasikan oleh Inspektorat Sukoharjo bekerjasama dengan KPK, Kamis (23/11) di pendopo Graha Satya Praja Sukoharjo.

“Sosialisasi ini tindak lanjut dari surat edaran Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) tentang kewajiban penyelenggara negara menyampaikan Laporan Harta kekayaan penyelenggara Negara (LHKPN) secara elektronik,” kata Kepala Inspektorat Kabupaten Sukoharjo, Djoko Poernomo.

Kegiatan yang dibuka oleh Bupati Sukoharjo, Wardoyo Wijaya,  menghadirkan narasumber e-filling dari Direktorat PP LHKPN Deputi Bidang Pencegahan KPK RI, spesialis pendaftaran dan pemeriksaan LHKPN, Wuri Nur Hayati

“Kami berkomitmen untuk tertib administrasi maka kami dukung kegiatan ini sebagai wujud pelaksanaan upaya pencegahan dan pemberantasan korupsi dengan menggunakan aplikasi online,” kata Bupati.

Kegiatan diikuti seluruh jajaran Pejabat Eselon I, II dan III terdiri kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) serta Camat di wilayah Sukoharjo.

Ditambahkan, kegiatan sosialisasi dan pendampingan e-Filling merupakan wujud kepatuhan dan pertanggungjawaban para pejabat ASN dalam mengemban tugas yang dilaksanakannya. (dea/mar).