Pembelajaran BTIK dengan Media Quizizz

Yudiharti, S.T.

Pada masa pendemi Covid-19 pembelajaran yang digunakan dihampir seluruh dunia adalah pembelajaran jarak jauh (PJJ). Pembelajaran jarak jauh yang selanjutnya disebut PJJ. PJJ adalah pendidikan yang peserta didiknya terpisah dari pendidik dan pembelajarannya menggunakan berbagai sumber belajar melalui teknologi informasi dan komunikasi, dan media lain (Kementrian Pendidikan, 2012). Pada masa PJJ ini berbagai pembelajaran dengan media elektronik (e-learning) sudah popular di kalangan guru, peserta didik ataupun orang tua. Berbagai media atau aplikasi yang digunakan oleh guru bertujuan agar peserta didik menguasai ilmu dan pengetahuan serta keterampilan dengan mudah dan tidak membosankan.

Menurut Cecep dan Bambang (2011:7) media pembelajaran yaitu alat yang membantu proses belajar mengajar dan berfungsi untuk memperjelas maksa pesan yang disampaikan guna mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan. Menurut Latuheru (1984:14) media pembelajaran adalah semua alat bantu yang digunakan untuk kegiatan belajar mengajar, dengan maksud menyampaikan pesan (informasi) pembelajaran dari sumber(guru maupun sumber lain) kepada penerima (dalam hal ini peserta didik). Jadi dapat disimpulkan media pembelajaran merupakan sebuah benda nyata yang dapat digunakan oleh guru dan siswa pada saat melakukan proses pembelajaran yang dapat menimbulkan interaksi sehingga menumbuhkan minat siswa dalam meningkatkan prestasi belajarnya.

Pada pembelajarn B-TIK di SMP N 4 Punggelan kelas 7 dengan materi perangkat keras komputer, maka penulis menggunakan media permainan atau game edukasi. Menurut Tedjasaputra Wijayanto, 2017 game edukasi merupakan game yang diciptakan khusus dalam ranah pendidikan. Game edukasi terdiri dari beberapa komponen seperti bunyi, grafik, video, dan animasi. Kelebihan yang bermakna adalah terdapat komponen yang bisa meningkatkan ingatan seperti animasi, sehingga menjadikan siswa mampu menyimpan dan mengumpulkan materi dalam memori yang diberkan dalam jangka waktu yang lebih panjang daripada menggunakan metode edukasi konvensional (Vitaningsih, 2016).

Game edukasi yang dipilih oleh penulis dalam pembelajaran BTIK kelas 7 pada materi perangkat keras adalah media permainan quizizz. Quizizz adalah aplikasi pendidikan berbasis game yang membawa aktivitas multi pemain ke ruang kelas dan menjadkan pembelajaran dalam kelas lebih menyenangkan dan lebih interaktif. (Purba:2019).

Langkah-langkah untuk mengakses quizizz yaitu pertama masuk ke alamat https://Quizizz.com/join. kedua masukkan 6 digit kode yang diberikan oleh guru setelah itu klik”join”. Ketiga tulis nama, lalu klik “start”, kuis dimulai maka langsung bisa dikerjakan. Keempat masng-masng soal dikerjakan sesuai dengan waktu yang ditentukan oleh guru. Siswa yang bisa menjawab soal dengan cepat dan tepat akan menjadi pemenangnya.

Media quizizz memiliki kelebihan antara lain soal-soal yang disajikan dalam media quizizz memiliki batasan waktu. Siswa diajarkan untuk berpikir secara cepat dan tepat dalam mengerjakan soal yang ada pada media quizizz. Kelbihan lain yang ada pada media quizizz adalah adanya persaingan antar peserta. Selain itu peserta didik tidak ada kesempatan untuk mencotek.

Bagi guru kelebihan yang dapat diperoleh dengan media quizizz yaitu aka nada peringkat secara otomatis berdasarkan skor yang diperoleh setiap peserta didik. Kemudian quizizz juga akan otomatis terdapat analisis butir soal yang dapat diunduh berupa file excel. Terdapat laporan hasl pengerjaan siswa benar salahnya, serta persentase pencapaian hasil dari seluruh siswa.Jadi quizizz adalah media pembelajaran yang berbasis game edukasi yang berisikan quiz interaktif. Quizizz bisa digunakan dalam kegiatan pembelajaran seperti mengadakan pretest, posttest, latihan soal, penguatan materi untuk mengukur pemahaman siswa, remedial, pekerjaan rumah dan sebagainya.

 

Oleh :

Yudiharti, S.T.

Guru SMP N 4 Punggelan

Banjarnegara