Beranda Edukasi Sekolah Hebat Pembelajaran online menggunakan teknologi di lingkungan sekolah Semesta Semarang

Pembelajaran online menggunakan teknologi di lingkungan sekolah Semesta Semarang

222
GUBERNUR JATENG- SMA Semesta BBS Semarang berkunjung ke Rumah Dinas Gubernur Jawa Tengah untuk memperkenalkan siswa-siswi SMA Semesta Bilingual Boarding School Semarang yang berprestasi di Olimpiade Nasional dan Internasional.

“Sekolah Semesta Semarang sebagai sekolah favorit di kota Semarang telah lama menerapkan Technology Integrated Classroom. Program ini dimaksudkan untuk memaksimalkan perkembangan teknologi sebagai sarana pendukung pembelajaran. Setiap siswa masing-masing akan mendapatkan chromebook ( laptop) dan di setiap kelas ada smart board ( papan tulis digital ) untuk menjelaskan pelajaran. Sekolah Semesta juga menyediakan fasilitas internet dari ruang kelas, ruang laboratorium , ruang audio visual room hingga ruang makan. “ kata iskandar selaku GM Sekolah Semesta.

Technology Integrated Classroom adalah salah satu fasilitas unggulan di sekolah Semesta yang sarat akan prestasi di bidang OSN dan basket. Sekolah yang baru saja membuka cabang di daerah Candi Golf, Sekolah Semesta 2 ( non asrama) ini memang terkenal dengan fasilitas teknologinya. Fasilitas ini memungkinkan guru dan murid untuk dapat belajar lebih menyenangkan dan lebih update ilmu-ilmu terkini.

WALIKOTA SEMARANG – Bapak Hendrar Prihadi memberikan Seminar tentang kepemimpinan kepada murid SMA Semesta Bilingual Boarding School Semarang.

Guru dan siswa di Sekolah Semesta sudah terbiasa menggunakan aplikasi google classroom, quizlet , quizizz dan banyak lagi aplikasi belajar online lainnya. Quizizz adalah termasuk aplikasi pembelajaran online favorit yang sering digunakan para siswa.

Quizizz disamping memiliki animasi yang lucu, aplikasi ini juga bisa menampilkan hasil nilai latihan secara live di papan tulis digital sehingga anak-anak yang menguasai materi akan mendapat peringkat sesuai skor yang mereka dapatkan.

Menanggapi surat edaran dari pemerintah daerah Jawa Tengah tanggal 24 Maret 2020 yang menganjurkan sekolah-sekolah untuk melakukan pembelajaran secara online di rumah masing-masing dikarenakan pandemik virus corona yang sedang mewabah di Indonesia, Sekolah Semesta Semarang sudah melakukan pembelajaran secara online terhitung sejak tanggal 18 Maret 2020.

SEMESTA BERBAGI – Siswi SMA Semesta mengadakan Community Service ke Rumah Difabel Semarang.

Para siswa-siswi diperkenankan belajar di rumah dengan membawa chromebook dan semua buku pembelajaran.

Pemberian materi dilakukan melalui google classroom, tidak hanya pemberian materi saja, para guru juga melakukan tatap muka dengan menggunakan aplikasi zoom. Dengan aplikasi tersebut guru bisa menjelaskan materi dan berdiskusi secara langsung dengan para siswa. Pembelajaran online ini dilaksanakan dari tingkat play group (PG), TK sampai jenjang SMA.

Menurut penuturan salah satu Guru Semesta, Sri Widowati “ Pembelajaran Online memiliki segi positif yaitu siswa lebih fokus memperhatikan penjelasan guru karena kesadaran para siswa akan waktu yang terbatas, dengan berbagai fitur di aplikasi zoom untuk guru tidak begitu sulit untuk mengkondisikan kelas agar tetap kondusif”.

PRESTASI – Basket Putri SMA Semesta menjuarai Piala Rektor Unnes

Denisa salah satu siswi memberikan pendapatnya “Rasanya menyenangkan karena adanya online learning ini waktu pembelajaran lebih efisien dan efektif karena guru cenderung menyampaikan inti dari pembelajarannya karena waktu yang terbatas” Denisa yang saya mintai pendapatnya juga menyampaikan bahwa pembelajaran online membuatnya lebih mandiri lagi dalam pembelajaran dengan mencari materi-materi baru di Internet.

Karena keterbatasan guru mapel dan wali kelas terhadap pembelajaran anak di rumah, wali kelas bekerja sama dengan para orang tua untuk mendampingi anak ketika pembelajaran online berlangsung. Wali murid juga diwajibkan untuk mengisi kuesioner tentang pembelajaran online setiap harinya, sehingga pihak sekolah dapat mengontrol para siswa.

Technology Integrated Class – Pembelajaran di Semesta sudah berbasis teknologi, masing-masing siswa memiliki chromebook dan di setiap kelas terdapat smart board untuk pembelajaran.

Oleh karena itu, orang tua sangat berperan penting dalam kelancaran berlangsungnya pembelajaran online. Pembelajaran untuk anak PG TK dan SD juga sedikit berbeda karena keterbatasan pengetahuan anak-anak tentang aplikasi belajar online. Biasanya untuk PG TK dan SD menggunakan whatsApp video call yang dipandu oleh guru dan orang tua masing-masing.

Salah satu orang tua yang setia mendampingi ananda di rumah yaitu orang tua dari Keyza yang memberikan keterangan kepada kami bahwa walaupun dengan kondisi yang tidak maksimal, ananda tetap bisa memahami dan melakukan kegiatan pembelajaran dengan baik. Ananda pun dapat tetap belajar di rumah dan mengurangi risiko terkena COVID-19. Kendala yang dialami mungkin hanya dalam segi koneksi internet saja.

COLLEGE COUNSELOR PROGRAMME – College Counselor Departement mengadakan seminar dari Universitas dalam Negeri dan Luar Negeri bagi siswa-siswi SMA

Seperti yang dituturkan di atas, karena pembelajaran online sangat mengandalkan koneksi internet jadi sinyal yang bagus sangat mendukung kelancaran pembelajaran. Namun, tidak jarang banyak siswa yang mempunyai kendala di koneksi internet sehingga sedikit terkendala dalam mengikuti pembelajaran dan sekolah juga memaklumi hal tersebut.

Pembelajaran online di Sekolah Semesta akan terus berlangsung sampai kondisi kondusif dan memungkinkan untuk para siswa kembali ke Sekolah. Semoga kegiatan pembelajaran online tetap berjalan secara efektif.