Beranda Jateng Pantura Timur Pemkab Kudus Telah Suntik Vaksin 6.966 Lansia

Pemkab Kudus Telah Suntik Vaksin 6.966 Lansia

9
Seorang petugas medis di Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, tengah menyuntikkan vaksin COVID-19 kepada salah seorang warga yang berusia lanjut.

JATENGPOS.CO.ID, KUDUS – Pemerintah Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, telah menyuntik vaksin terhadap 6.966 orang lanjut usia (lansia) atau 10,11 persen dari target sebanyak 68.901 lansia untuk menambah daya imunitas agar tidak mudah terpapar penyakir virus corona.

“Jumlah lansia yang divaksinasi tersebut merupakan tahap pertama. Hingga hari ini (Kamis, 18/3), masing-masing puskesmas masih terus melakukan vaksinasi terhadap para lansia dengan sasaran sebanyak 68.901 orang,” kata Pelaksana Tugas Bupati Kudus Hartopo didampingi Pelaksana Tugas Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kudus Andini Aridewi di Kudus, Kamis.

Ia mengungkapkan lansia yang menjadi prioritas vaksinasi berusia 60 tahun lebih. Nantinya, mereka juga akan mendapatkan suntikan dua kali, namun jeda waktunya selama 28 hari sebelum menerima suntikan vaksin kedua.

Terkait ketersediaan vaksin jumlahnya juga sudah diperhitungkan, bahwa nanti akan habis dengan rentang waktu sesuai dengan target.

“Berapapun jumlah sasaran langsung diperhitungkan juga untuk dosis kedua. Untuk pelayan publik belum selesai terlayani karena ada arahan dari pusat prioritas lansia. Namun, tetap berjalan,” ujarnya.

Untuk cakupan vaksinasi kumulatif di Kabupaten Kudus pada dosis pertama mencapai 42.346 sasaran dari target sebanyak 127.063 sasaran.

Terkait jumlah kasus aktif pasien COVID-19 juga mengalami penurunan karena berdasarkan data https://corona.kuduskab.go.id per tanggal 17 Maret 2021, jumlah pasien dirawat hanya 26 kasus, sedangkan isolasi mandiri 89 kasus.

Tingkat kesembuhan pasien COVID-19 juga meningkat karena hingga kini tercatat 5.033 kasus atau 88,9 persen dari jumlah kasus sebanyak 5.661 kasus. Sedangkan kasus kematian sebanyak 513 kasus. (fid/ant)