Pemkab Semarang Ajukan Usulan di Musrenbang Provinsi Jateng

MUSRENBANG JATENG: Bupati Semarang H Ngesti Nugraha menyalami Pj Gubernur Jateng Nana Sudjana saat menghadiri Musrenbang Jateng di Gedung Gradhika Bhakti Praja Semarang, Senin, (29/4/2024). FOTO:IST/JATENGPOS

JATENGPOS.CO.ID, UNGARAN– Bupati Semarang H Ngesti Nugraha menghadiri Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Provinsi Jawa Tengah (Jateng) 2024 di di Gedung Gradhika Bhakti Praja Semarang, Senin, (29/4/2024). Musrenbang untuk menyusun rancangan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) tahun 2025.

“Dalam musrenbang suara dan aspirasi masyarakat menjadi landasan dalam merencanakan pembangunan yang berkelanjutan dan inklusif. Saling bersinergi untuk membangun masa depan yang lebih baik. Pemkab Semarang menyampaikan sejumlah usulan strategis berdasarkan skala prioritas,” ungkapnya seusai mengikuti Musrenbang, Senin (29/4/2024).

Pj Gubernur Jateng, Nana Sudjana mengatakan Pemprov Jawa Tengah menerima sebanyak 55 ribu usulan atau masukan program selama proses Musrenbang 2024.

“Sampai saat ini, masukan yang kami terima itu sekitar 55 ribu lebih, tentunya ini akan kami pelajari, kemudian akan kami kelola masukan-masukan ini,” kata Pj Gubernur Jateng, Nana Sudjana di Gedung Gradhika Bhakti Praja Semarang.

Usulan tersebut masuk dalam website resmi s.id/ Musrenbang_RKPD2025. Total anggaran yang dibutuhkan untuk merealisasikan usulan tersebut sekitar Rp 50 triliun.

Namun, Nana mengatakan, dengan mempertimbangkan potensi anggaran Pemprov Jateng yang terbatas, maka usulan harus dikelola dan ditentukan skala prioritasnya sesuai kepentingan daerah.

“Dalam musrenbang ini, kami tentunya mendasari kebijakan rancangan RPJPD 2025 – 2045. Kemudian kita juga mendasari visi dan misi presiden dan wakil presiden terpilih. Kemudian kita mendasari juga program prioritas Provinsi Jateng yang sudah dilaksanakan,” jelasnya. (muz)