Beranda Semarang Pemkot Semarang Kembali Terapkan Jalan Satu Arah

Pemkot Semarang Kembali Terapkan Jalan Satu Arah

619
Petugas Satlantas Polrestabes Semarang dan Dishub memasang tanda larangan masuk di Jalan Pekunden. FOTO : SIGIT HERMAWAN/JATENGPOS.CO.ID

JATENGPOS.CO.ID, SEMARANG – Pemkot kembali memberlakukan sistem satu arah (SSA). Kali ini, Jalan Pekunden, samping Mc Donald Pandanaran diberlakukan satu arah. Kendaraan dilarang masuk ke Jalan Pekunden menuju Pandanaran. Pemberlakuan SSA tersebut untuk mengurai kepadatan lalu-lintas yang biasa terjadi di Jalan Pandanaran, sebagai pusat oleh-oleh Kota Semarang.

“Pemberlakuan ini untuk memperingan beban di Simpang Eka Karya. Diharapkan, dengan pemberlakuan ini kepadatan jalur Pandanaran bisa berkurang. Karena arus lalu-lintas kita alihkan ke Pekunden dan kemudian tembus ke Thamrin,” kata Kepala Satuan Lalu Lintas (Kasatlantas) Polrestabes Semarang, AKBP Yuswanto Ardi.

Yuswan Ardi menambahkan, pemberlakuan SSA Jalan Pekunden tersebut sebagai langkah antisipasi kepadatan lalu-lintas menjelang Natal dan Tahun Baru. Di mana sebelumnya pemberlakuan sistem satu arah ini juga telah diterapkan di beberapa ruas jalan di Semarang, seperti Jalan Pemuda, Imam Bonjol, Gajah Mada dan lainnya.

“Kita juga melakukan perubahan pemberlakuan sistem. Di mana, untuk Jalan Basudewo yang sebelumnya satu arah, kita jadikan dua arah kembali karena di sana ruasnya tidak terlalu panjang dan ternyata banyak juga masyarakat yang keberatan,” imbuhnya.

Sementara itu, Kabid Lalu Lintas Dishub Kota Semarang, Danang Kurniawan menerangkan, dari hasil evaluasinya, dapat diketahui dalam sistem satu arah tersebut terbukti menghasilkan waktu tempuh yang lebih singkat, meskipun jarak yang ditempuh bertambah panjang.

“Selanjutnya kami akan melengkapi jalur searah yang telah dijalankan ini dengan Area Traffic Control System (ATCS) di sejumlah persimpangan untuk lebih mengefektifkan dan mengoptimalkan hasilnya,” tukasnya. (sgt)