Beranda Jateng Pemprov Jateng Serahkan 4 Truk dan 25 Motor ke Polda Jateng

Pemprov Jateng Serahkan 4 Truk dan 25 Motor ke Polda Jateng

47

JATENGPOS.CO.ID, Semarang – Gubernur Ganjar Pranowo menyerahkan bantuan, berupa empat truk beroda enam dan 25 sepeda motor kepada Kepolisian Daerah Jawa Tengah untuk operasional satuan Brimob dan patroli Samapta.

“Ini bagian dari cara Pemprov Jateng bersinergi, kami tahu dan mengerti persis bagaimana kepolisian mengamankan seluruh wilayah di Jawa Tengah, namun dengan anggaran yang tidak mencukupi, bantuan ini sebagai bentuk efisiensi,” kata Ganjar di sela penyerahan bantuan kendaraan operasional itu di Mapolda Jateng di Semarang, Selasa.

Dia menjelaskan luasnya jangkauan pengamanan yang dilakukan Polda Jateng di 35 kabupaten/kota memerlukan alat transportasi yang cukup banyak, namun karena keterbatasan anggaran maka tidak akan cukup jika hanya dibebankan kepada kepolisian.

Ganjar berharap, dengan tambahan armada itu akan mempermudah dan memperlancar kinerja jajaran kepolisian, apalagi satu truk mampu mengangkut satu peleton atau 30 personel setiap kali jalan.

“Kami tahu kebutuhannya sangat banyak tapi (bantuan, red.) ini manfaatkan dengan baik,” ujarnya.

Dalam pidato sambutannya, Ganjar juga menyinggung soal pengamanan dari pihak kepolisian di dunia maya.

Kepolisian, lanjut dia, dengan segala kemampuannya juga harus melakukan patroli siber, terlebih menjelang penyelenggaraan pilkada serentak di 21 kabupaten/kota di Provinsi Jateng.

“Bukan hanya patroli konvensional tapi juga di dunia maya. Ketika KPU dan Bawaslu sudah menyelenggarakan dengan baik, maka kepolisian dan kejaksaan harus mengawasi dan menegakkan peraturan,” katanya.

Bantuan kendaraan operasional senilai Rp2,4 miliar tersebut, diadakan setelah Polda Jateng melakukan efisiensi dan efektivitas dana hibah dari Pemprov Jateng.

Kapolda Jawa Tengah Irjen Rycko Amelza Dahniel menyebutkan bahwa bantuan kendaraan operasional truk akan dimanfaatkan oleh Satuan Brimob, sedangkan puluhan sepeda motor untuk patroli Samapta.

“Semuanya untuk menunjang pengamanan di Jawa Tengah, seperti yang dikatakan Pak Gubernur tadi, apalagi ini mendekati pilkada,” ujarnya. (fid/ant)