Beranda Jateng Pemprov Jateng Siapkan Tempat Karantina Untuk Kepulangan TKI

Pemprov Jateng Siapkan Tempat Karantina Untuk Kepulangan TKI

38

JATENGPOS.CO.ID, SEMARANG – Gubernur Ganjar Pranowo menyiapkan tempat karantina untuk para Tenaga Kerja Indonesia asal Jawa Tengah yang akan pulang ke kampung halaman masing-masing guna mengantisipasi penyebaran virus corona jenis baru (COVID-19).

“Kemarin ada laporan dari Wagub Sumut, kalau ada 10 TKI Jateng dari Malaysia yang dikarantina di sana. Ini mesti dipulangkan dan kami sudah menyiapkan tempatnya di gedung eks-STIE Bank Jateng Johar, Kota Semarang,” katanya di Semarang, Selasa.

Dia menjelaskan penyiapan tempat karantina itu agar penanganan para TKI dapat dilakukan dengan maksimal dan proses pengecekan kesehatan dapat terpantau dengan baik.

Meskipun demikian, dirinya berharap semua TKI yang pulang ke Jateng itu negatif COVID-19 serta dalam kondisi sehat.

“Sudah kami siapkan, hari ini saya minta dikebut pengerjaannya agar lebih cepat. Informasi dari Sumut, kemungkinan dalam waktu dua atau tiga hari sudah sampai di Jateng,” ujarnya.

Terkait dengan persiapan Jateng dalam mengantisipasi kemungkinan banyaknya TKI yang pulang kampung dalam beberapa waktu ke depan, Ganjar menjelaskan bahwa pemerintah pusat sudah mempersiapkannya karena ada potensi hingga jutaan TKI yang mau pulang ke Indonesia.

“Kalau tidak salah, ada sejuta yang mau pulang. Negara sudah mempersiapkan itu, sudah disiapkan tempat khusus,” katanya.

Meskipun demikian, Ganjar juga mengantisipasi apabila daerah harus mempersiapkan tempat karantina sehingga sejumlah tempat telah disiapkan untuk menampung bila ada TKI yang pulang kampung ke Jateng.

“Kalau memang skenario paling buruk daerah harus melakukan karantina, kami sudah siapkan beberapa tempat. Intinya kami siap,” ujarnya. (fid/ant)