Pemudik Mulai Berdatangan, Warga dan Relawan Giatkan Sterilisasi Lingkungan

Aksi warga dan relawan yang melakukan penyemprotan secara berkala di seluruh wilayah Sukoharjo. Foto : Ade Ujianingsih/Jateng Pos

JATENGPOS.CO.ID, SUKOHARJO – Para pemudik mulai masuk di kabupaten Sukoharjo, hal tersebut membuat warga makin memperketat pengawasan dan perlindungan diri.

Diantaranya dengan mempersering kegiatan sterilisasi atau penyemprotan desinfektan lingkungan. Seperti yang dilakukan warga desa Sidorejo, kecamatan Bendosari, Sukoharjo.

“Sedikitnya sudah ada 21 perantau yang mudik di Desa Sidorejo, mereka mau melakukan karantina mandiri selama 14 hari. Sebagai langkah antisipasi warga gencar melakukan penyemprotan desinfektan lingkungan,” kata Kepala Desa Sidorejo, Sriyanto, Minggu (5/4).

Seperti aksi sejumlah warga bersama anggota Relawan Purwadi melakukan penyemprotan disinfektan di lingkungan warga sekitar Desa Sidorejo untuk mencegah penyebaran Covid-19.

“Di Desa Sidorejo sampai saat ini belum ada yang berstatus PDP karena sebagian besar warga sudah mengikuti himbauan pemerintah dalam melawan Korona,” imbuhnya

Dan untuk mencegah penyebar luasan virus yang kasat mata, sejumlah Relawan Purwadi mengajak masyarakat untuk gotongroyong melakukan disinfeksi lingkungan. Dengan menggunakan racikan desinfektan sesuai anjuran, petugas berpencar menyemprot jalan dan rumah-rumah warga.

Kegiatan kerjabakti dan penyemprotan juga dilakukan oleh hampir seluruh warga di lingkungan masing-masing se Kabupaten Sukoharjo.

Mereka berharap virus segera hilang dan kehidupan bisa kembali normal, karena dengan berdiam diri di rumah dan menjaga jarak dengan orang lain dinilai berdampak negatif bagi masyarakat.

“Kita agendakan secara rutin, kali ini dibantu relawan Purwadi, kedepan warga berusaha mandiri,” tandas salah satu warga, Santosa. (dea)