Penerapan QR Code BBM Biosolar

Mulai 26 Desember, Patra Niaga Perluas Wilayah Uji Coba

- QR CODE- Mulai 26 Desember, Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Bagian Tengah melakukan perluasan wilayah uji coba penerapan Program Subsidi Tepat secara menyeluruh (full cycle) Kode QR untuk pembelian BBM subsidi jenis Biosolar di Jateng. FOTO : IST/ANING KARINDRA/JATENG POS

JATENGPOS.CO.ID,  SEMARANG – Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Bagian Tengah melakukan perluasan wilayah uji coba penerapan Program Subsidi Tepat secara menyeluruh (full cycle) Kode QR untuk pembelian BBM subsidi jenis Biosolar di Jateng. Implementasi penggunaan Kode QR untuk pembelian Biosolar akan diperluas ke Kota Pekalongan, Kabupaten Pekalongan, Kabupaten Kudus, Kabupaten Grobogan, Kabupaten Sukoharjo, Kabupaten Kebumen dan Kabupaten Banyumas per tanggal 26 Desember 2022.

Area Manager Comm, Rel & CSR Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Bagian Tengah, Brasto Galih Nugroho mengatakan, penerapan penggunaan kode QR untuk pembelian biosolar ini dilakukan agar pendistribusian BBM subsidi lebih termonitor tepat sasaran dan tepat volume sesuai dengan SK BPH Migas No. 04 tahun 2020.

“Pelaksanaan uji coba full cycle hanya dilakukan bagi konsumen dengan kendaraan roda 4 atau lebih yang menggunakan BBM produk Biosolar,” kata Brasto, Jumat (23/12/2022).

Dijelaskan, masyarakat diharapkan segera melakukan pendaftaran Program Subsidi Tepat melalui website subsiditepat.mypertamina.id. Setelah statusnya terdaftar, masyarakat akan mendapat Kode QR yang akan diterima melalui email atau notifikasi di website tersebut.

“Kode QR bisa dicetak (print out) atau di-sceeen shot secara soft copy untuk digunakan di SPBU Pertamina. Mekanisme ini masih dikhususkan untuk kendaraan roda empat atau lebih,” jelasnya.

Ditambahkan, untuk satu akun di website subsiditepat.mypertamina.id dapat mendaftarkan beberapa kendaraan. Dengan begitu, satu akun dapat memiliki beberapa Kode QR sesuai kendaraan yang didaftarkan.

Menurut Brasto, konsumen Biosolar roda empat yang telah terdaftar dalam program subsidi tepat sebesar 32,1 persen dari populasi sebanyak 2.403.083 kendaraan roda empat atau lebih di wilayah Jawa Tengah.

– QR CODE- Mulai 26 Desember, Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Bagian Tengah melakukan perluasan wilayah uji coba penerapan Program Subsidi Tepat secara menyeluruh (full cycle) Kode QR untuk pembelian BBM subsidi jenis Biosolar di Jateng. FOTO : IST/ANING KARINDRA/JATENG POS

“Kami mengingatkan kepada masyarakat saat ini pendaftaran Program Subsidi Tepat masih terus dibuka. Adapun konsumen perlu menyiapkan dokumen yang nantinya akan diupload melalui website yaitu Foto KTP, Foto Diri, Foto STNK (tampak depan dan belakang), Foto Kendaraan tampak keseluruhan, Foto Kendaraan tampak depan Nomor Polisi dan foto KIR bagi kendaraan pengguna KIR,” ungkapnya.

Sebagai informasi, ketentuan untuk pengguna yang berhak membeli BBM Subsidi telah diatur sesuai Peraturan Presiden Nomor 191 Tahun 2014 tentang Penyediaan, Pendistribusian dan Harga Jual Eceran BBM. Selain itu juga terdapat Surat Keputusan Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas (BPH Migas) Nomor 04/P3JBT/BPH Migas/Kom/2020 tentang Pengendalian Penyaluran JBT oleh Badan Usaha Pelaksana Penugasan Pada Konsumen Pengguna Transportasi Kendaraan Bermotor untuk Angkutan Orang atau Barang.

Informasi lebih lanjut mengenai Program Subsidi Tepat, keluhan seputar produk dan layanan Pertamina, masyarakat dapat menghubungi Pertamina Call Center 135 melalui saluran Voice: 135; Video Call: Aplikasi MyPertamina; Chatbot NADIA: Aplikasi MyPertamina & WhatsApp (08111350135); Email: pcc135@pertamina.com; Instagram:pertamina.135 (https://www.instagram.com/pertamina.135/); Twitter: @pertamina135 (https://twitter.com/pertamina135); Facebook: Pertamina Call Center 135 (https://www.facebook.com/pertaminacallcenter135/).* (aln)