Pengamanan Nataru: Polres Semarang Siapkan 391 Personil, 11 Pospam

PENYEMATAN PITA: Bupati Semarang, Kapolres Semarang, dan Dandim 0714/Salatiga menyematkan pita siaga saat gelar pasukan operasi Lilin Candi 2022, Kamis (22/12/2022). FOTO: MUIZ/JATENGPOS

JATENGPOS.CO.ID, UNGARAN– Bupati H Ngesti Nugraha bersama Dandim 0714 Letkol Inf Ade Pribadi Siregar mendampingi Kapolres Semarang AKBP Yovan Fatika H A memimpin gelar pasukan operasi Lilin Candi 2022 Polres Semarang di lapangan Alun-alun Bung Karno, Kalirejo, Ungaran Timur, Kamis (22/12/2022).

Ratusan personel gabungan TNI-Polri, Dishub, Satpol PP, Linmas, BPBD, Dinkes, Senkom Kabupaten Semarang dan unsur pendukung lainnya menjadi peserta apel. Semua bersiap mengamankan perayaan Hari Natal 2022 dan Tahun baru 2023 (Nataru) di Kabupaten Semarang.

Kapolres didampingi Dandim dan Bupati Semarang seusai apel di hadapan awak media mengatakan, pihaknya menyiapkan 11 Pospam dan mengerahkan total 391 Personil gabungan TNI-POLRI, Pemerintah Kabupaten hingga relawan.

“Dari 11 Pospam ini akan diisi oleh personil Polres Semarang dibantu Kodim 0714/Salatiga, Satpol PP, Dishun,Dinkes hingga Relawan yang akan stand by dalam 11 Pospam tersebut. Dalam pelaksanaan pengamanan ini pertama akan dititik beratkan pada pengamanan ibadah Natal di tempat tempat ibadah, selanjutnya tentang arus Lalu lintas liburan Natal dan Tahun baru yang melintasi wilayah Kabupaten Semarang,” jelasnya.

Bupati Semarang H Ngesti Nugraha menambahkan, Pemkab bersama bersama Polri-TNI, dan segenap unsur pengamanan menyiapkan langkah antisipatif agar aktivitas liburan di wilayah kabupaten Semarang tetap lancar, aman dan berkeselamatan.

Beberapa hal yang mendapatkan perhatian, lanjutnya, adalah kelancaran serta keamanan jalur menuju tempat- tempat wisata yang ada di wilayah Kabupaten Semarang yang pengamanannya disiapkan dengan baik.

“Tentunya, ini akan sangat berkaitan dengan keselamatan dan kelancaran arus lalu lintas. Pemkab bersama Polri-TNI dan unsur lainnya telah mempersiapkan pengamanan. Perayaan Natal dan Tahun Baru semoga dapat berjalan lancar aman dan nyaman” ujarnya.

Sebelumnya, persiapan menghadapi Nataru, Sat Sampta Polres Semarang mengecek kesiapan perlengkapan di lapangan apel Polres Semarang Rabu, (21/12/2022).

Pengecekan dipimpin oleh Wakapolres Semarang Kompol Sigit Ari Wibowo SH. MH., didampingi Kasat Samapta AKP Wigiyadi SH. MSi., KBO Samapta dan Perwira Sat Samapta Polres Semarang.

Kompol Sigit menjelaskan bahwa terdapat Kendaraan roda 2, roda 4, kendaraan taktis water canon, mobil barier, kapal karet, alat potong pohon, senjata laras panjang, Senjata gas air mata, senter, HT, rompi anti peluru, helm hingga satwa K-9 yang dilakukan pengecekan. (muz)