Penguatan Empat Pilar Kebangsaan Wujudkan Masyarakat Sejahtera

Sosialisasi empat pilar Kebangsaan oleh anggota DPD RI Bambang Sutrisno di Tegal, Jawa Tengah. Foto : Istimewa/Jateng Pos

JATENGPOS.CO.ID, TEGAL – Negara Kesatuan Republik Indonesia yang terdiri dari berbagai keaneka ragaman baik pulau, suku, Agama, bahasa, ras dan golongan sehingga untuk menyatukan keanekaragaman yang ada diperlukan pemahaman bersama dalam kehidupan berbangsa dan bernegara salah satunya melalui Sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan.

Keaneka ragaman harus selalu dipupuk agar terjadi ikatan yang kuat saling bersinergi sehingga perbedaan bisa menjadi suatu keindahan yang dapat dirasakan oleh seluruh masyarakat di negeri tercinta ini.

Bambang Sutrisno Anggota DPD RI/ MPR RI melaksanakan Sosialisasi empat pilar Kebangsaan dalam rangka memelihara dan memperkuat kesatuan dan persatuan bangsa.

Sosialisasi diikuti oleh guru, masyarakat, pengusaha, tokoh masyarakat, dilaksanakan di Rumah Makan Pring Cendani Kabupaten Tegal, Minggu (20/3).

Bambang mengatakan kegiatan ini untuk menambah pengetahuan dan kemantapan pemahaman dalam P4 (Pedoman Penghayatan dan Pengamalan Pancasila) untuk menciptakan suasana kondusif ditengah kehidupan masyarakat.

“Kita harus sadar bahwa aksi terorisme menyeruak di Negara kita yang menunjukkan potensi ancaman bangsa baik dari dalam maupun luar karena terduga teroris ini memiliki pengikut yang jumlahnya tidak sedikit,” ungkap Bambang.

Sosialisasi juga menghadirkan narasumber Bapak Dr. Drs.Sugiyaryo dengan materi Pancasila, Undang Undang Dasar 1945, Bhineka Tunggal Ika dan NKRI.

Pada kesempatan tersebut, Kapolsek Adiwerna AKP Sehroni juga ikut menghimbau masyarakat tetap menerapkan protokol kesehatan, karena masih dalam masa pandemi. Ketua PB PGSI Dr.Moh. Patah juga ikut memberi motivasi kepada seluruh peserta.

Dalam diskusi banyak masukan agar sosialisasi 4 pilar ini dapat dikembangkan ke tingkat paling bawah, agar lembaga BP 7 yang telah dibubarkan dapat di aktifkan kembali untuk dapat melaksanakan sosialisasi Empat pilar secara rutin dan terus menerus.

Juga ada masukan agar pemerintah terus memperjuangkan nasib guru honorer, untuk ditingkatkan maupun menjadi ASN baik CPNS maupun maupun PPPK.

“Semoga dengan materi Empat Pilar Kebangsaan dapatkah dipahami dan diamalkan serta disebarluaskan sehingga nilai nilainya dapat tersebar ke seluruh pelosok di tanah air, sehingga suasana ketentraman dapat tercipta ditengah tengah kehidupan masyarakat, hidup rukun, aman, nyaman, damai penuh kegotong royongan,” tandas Bambang Sutrisno. (Dea/bis/rit)