Peningkatkan Kompetensi Dribling Sepak Bola dengan SAC

4
Dwi Kuncoro Hadi ,S.Pd

Sepak bola merupakan permainan yang banyak energi, memacu semangat sekaligus memberi luapan kegembiraan melalui kebersamaan dalam tim. Kecerdasan dalam mengatur strategi dan taktik menjadi penentu dalam keberhasilan permainan dan hanya pemain yang terdidik dengan baik dapat menyajikan permainan yang bagus, cerdas, dan menghibur. Pemain sepak bola yang berkualitas tentunya harus melewati berbagai tahapan pembinaan termasuk pada siswa kelas V semester 1 Tahun Pelajaran 2021/2022  di SDN 3 Nguneng.Pembelajaran di masa pandemi memerlukan modifikasi agar guru dapat melaksanakan pembelajaran tanpa mengabaikan aturan.Dari banyak teknik dalam sepakbola, dribbling merupakan yang sangat penting untuk dikuasai. Dribbling adalah tendangan dengan sentuhan pendek-pendek yang dapat dilakukan dengan kaki sebelah dalam, sebelah luar atau bagian atas.Keterampilan dribbling saat situasi yang tepat dapat merusak pertahanan lawan, juga memungkinkan pemain mempertahankan bola saat berlari melintasi lawan.

Dalam Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) secara daring guru sebagai fasilitator harus kreatif membuat media pembelajaran yang menarik dan mudah digunakan oleh siswa.Android yang merupakan sistem operasi yang paling populer digunakan oleh masyarakat,termasuk siswa-siswi SDN 3 Nguneng.Perangkat lunak yang bisa digunakan dalam membuat media pembelajaran ini adalah Smart Apps Creator (SAC). SAC merupakan tool perangkat lunak yang digunakan untuk pembuatan mobile apps multimedia dengan mudah dan cepat. Karakteristik SAC antara lain: tanpa coding, cara kerja seperti microsoft power point, dan tidak bisa mengedit komponen media langsung di worksheet/panel kerja.

Dribbling adalah keterampilan untuk menggiring atau men-dribel bola di lapangan dan melewati musuh.Menurut Lukman (2009:40)”. Dribbling atau menggiring bola merupakan salah satu teknik penyerangan dalam sepak bola. Koger, (2007:61) mengemukakan bahwa “dribbling” adalah metode menggerakkan bola dari satu titik ke titik lain di lapangan dengan menggunakan kaki”. Dalam situasi seorang pemain harus mampu mengambil sebuah keputusan. “Dribbling” merupakan keterampilan dasar dalam sepakbola karena semua pemain harus mampu  menguasai bola saat sedang bergerak atau bersiap melakukan operan atau tembakan” (Mielke 2007: 1). Smart Apps Creator (SAC) merupakan perangkat lunak untuk membuat aplikasi multimedia berbasis mobile, desktop dan web. Karena hasil pengembangannya itu dapat dikonversikan menjadi aplikasi mobile Android/IoS, aplikasi desktop dan juga aplikasi Web HTML5 yang dapat diakses melalui browser. Informasi perangkat Smart Apps Creator (SAC) diakses melalui halaman Informasi Produk SAC(Pelatihan Online SAC 3,0 BPMK guru SD 5-6 Agustus 2021).

 Beberapa fase dalam pelaksanaan dribbling sepakbola yang dijelakan oleh     Luxbacher (2011:49) Fase yang terdapat dalam gerakan yaitu : 1) Fase awal yaitu: Posisi tubuh tegak, Bola didekat kaki, Kepala tegak untuk melihat lapangan dengan baik, 2) Fase utama yaitu: Fokuskan perhatian kepada bola, Dorong bola dengan permukaan instep atau outside, Dorong bola kedepan beberapa kaki, 3) Fase akhir yaitu: Kepala tegak untuk melihat lapangan dengan baik, Bergerak mendekati bola, Dorong bola kedepan.

Berdasarkan dari hasil analisis data tehnik dribbling siswa SDN 3 nguneng dapat disimpulkan bahwa dengan SAC  dapat meningkatkan hasil belajar materi permainan sepak bola siswa kelas V SDN 3 Nguneng yang dilakukan tiga orang judgement terhadap 9 orang sampel dan jumlah semua sampel 12 orang siswa didapat data teknik dribbling  pada siklus I adalah 70.50 dengan persentase ketuntasan belajar siswa 65.00% meningkat menjadi 76.75 dengan persentase ketuntasan belajar 90.00% pada siklus II.Dari data tersebut berarti bahwa nilai rata rata secara klaikal telah mencapai indikator ketuntasan belajar.

 

Dwi Kuncoro Hadi ,S.Pd

Guru PJOK SDN 3 Nguneng ,Puhpelem, Wonogiri