Penjualan Elektronik ‘Milenial’ Tumbuh Signifikan

CAP GO MEH- Menjelang Perayaan CAP GO MEH 2571/2020, Sabtu, 8 Februari 2020, penjualan perangkat elektronik di Pameran HomeTech Global Elektronik tumbuh signifikan. FOTO : IST/ANING KARINDRA/JATENG POS
CAP GO MEH- Menjelang Perayaan CAP GO MEH 2571/2020, Sabtu, 8 Februari 2020, penjualan perangkat elektronik di Pameran HomeTech Global Elektronik tumbuh signifikan. FOTO : IST/ANING KARINDRA/JATENG POS

JATENGPOS.CO.ID, SEMARANG – Saat ini banyak jenis perangkat elektronik digital rumah tangga atau elektronik ‘milenial’ yang membantu menyelesaikan pekerjaan rumahan dalam waktu singkat, seperti mesin cuci, microwave oven, dan vacuum cleaner. Belum lagi perangkat elektronika untuk mendinginkan ruangan (AC).

 

Begitu pula lemari es untuk menyimpan makanan, yang mulai dibutuhkan oleh berbagai kalangan rumah tangga, khususnya kaum milenial. Mereka juga butuh hiburan dengan memilih smart TV layar datar yang sudah terkoneksi internet.

 

iklan

Praktisi bisnis ritel elektronik yang juga Managing Director Global Elektronik, Gouw Andy Siswanto, menilai, masyarakat Indonesia memang cenderung membutuhkan perangkat elektronik dengan kategori yang telah disebutkan di atas. Mereka jadi nyaman menggunakan produk tersebut, sekaligus bisa menghabiskan waktu di luar ruangan, karena telah menyelesaikan pekerjaan rumah tangga dalam waktu singkat.

Baca juga:  AHM Luncurkan Rebel 1100 Bagi Pecinta Big Bike Cruiser

 

“Kalau barang elektronik dirancang dengan teknologi yang lebih menghemat waktu dan lebih sehat, pasti semua orang, terutama generasi milenial, merasa bahagia dalam menjalani kehidupan sehari-harinya,” kata Gouw Andy Siswanto.

 

Seperti diungkapkan oleh berbagai studi, lanjut Andy, pada tahun 2020 Indonesia akan digerakkan oleh para generasi millennial dengan perpaduan masyarakat kelas menengah dan juga masyarakat urban.

 

The Boston Consulting Group (BCG) menyebutkan di tahun 2012 jumlah MAC (middle-class and affluent consumers) di Indonesia berjumlah 74 juta jiwa, dan diprediksi akan terus meningkat hingga 141 juta jiwa di tahun ini. Masyarakat kelas menengah dikenal selalu menjadi motor perubahan terutama terkait dengan aspek ekonomi dan perubahan sosial, dalam sejarah berbagai negara.

Baca juga:  ATSI Sesalkan Pembongkaran Paksa Menara Telekomunikasi di Badung

 

Hal tersebut kini mulai terbukti. Dalam pameran HomeTech 2020, pameran tematik yang ke-47 kalinya, penjualan perangkat elektronika meningkat signifikan dan konsumennya didominasi kaum milenial, generasi yang lahir mulai tahun 1981 ke atas. Pameran yang berlangsung sejak tanggal 22 Januari – 11 Februari 2020 dikuti 4 merek berkelas dunia, yakni Beko, Samsung, Sharp, dan Midea.

 

Meningkatnya penjualan di pameran tentu karena banyaknya produk-produk inovatif baru yang berteknologi canggih serta promo menarik seperti ‘Double Hoki’ dari Sharp dan ‘Spektangpao’ (Spektakuler Angpau) dari Samsung.

 

Sementara brand Beko dan Midea menggelar promo potongan harga berupa cashback untuk produk-produk terbarunya, sehingga harganya menjadi lebih murah, masih berhadiah undian, hadiah langsung dan masih banyak lagi.(aln)

Baca juga:  Global Elektronik Terapkan Keamanan Pelayanan
iklan