Beranda Jateng Perangkat Desa dan Warga Ikut Ngecor Jalan Kalikondang

Perangkat Desa dan Warga Ikut Ngecor Jalan Kalikondang

170
SALING MEMBANTU : Anggota TNI dan masyarakat bahu membahu menyelesaikan pembangunan jalan beton di Desa Kalikondang Kecamatan Demak Kota dalam rangka TMMD Tahun 2019.
SALING MEMBANTU : Anggota TNI dan masyarakat bahu membahu menyelesaikan pembangunan jalan beton di Desa Kalikondang Kecamatan Demak Kota dalam rangka TMMD Tahun 2019.

JATENGPOS.CO.ID, DEMAK – Tidak hanya warga biasa yang ikut bekerja di pengecoran Jalan TMMD, di Desa Kalikondang, Kecamatan Demak Kota. Melainkan, secara bergiliran para perangkat desa (Perades) setempat juga ikut terjun ke lapangan, bekerja bersama satgas dan warga lainnya. Ubek (42), salah satu perangkat Desa Kalikondang misalnya, saat tiba gilirannya kerja bhakti. Masih, dengan masih mengenakan seragam, Ubek ikut membangun jalan Dukuh Prigi yang menjadi salah satu sasaran fi sik TMMD Reguler ke-105 Kodim 0716/Demak.

’’Bukan masalah bagi kami ikut gotong royong bersama warga,’’ ungkap Ubek.

Menurutnya, seluruh perangkat Desa Kalikondang justru mengucapkan terima kasih kepada jajaran Kodim Demak yang telah menjadikan desanya sebagai sasaran TMMD Reguler.

’’Sebagai salah satu ungkapan rasa syukur kami, seluruh perangkat desa berikrar juga akan ikut kerja di sejumlah sasaran fi sik yang diprogramkan,’’ tambah Ubek.

Sementara itu Satgas TMMD Reguler ke -105 Kodim 0716/ Demak dan warga Desa Kalikondang terus mengejar target di pengecoran jalan. Betapa tidak, di lokasi pengecoran jalan dari Dukuh Krajan ke Dukuh Prigi tersebut sangat minim pohon peneduh, sehingga saat bekerja sejak dari pagi hingga sore mereka harus bergulat dengan teriknya matahari.

’’Bagi saya dan rekan Satgas teriknya matahari bukan menjadi penghalang untuk terus kebut pembetonan jalan TMMD ini. Melihat partisipasi warga yang begitu tinggi, mereka antusias saat bekerja justru menjadi faktor penyemangat bagi kami untuk terus bekerja,’’ ungkap Koka Andri, salah satu anggota Satgas TMMD Kodim Demak.

Adapun dengan semakin meningkatnya beban pekerjaan, para Satgas TMMD Reguler ke-105 Kodim 0716/Demak dengan aparat Desa Kalikondang, Kecamatan Demak Kota, terus meningkatkan koordinasi. Banyak hal yang perlu disamakan persepsinya supaya hasil pekerjaan bisa maksimal. Menurut Danramil 01/Demak Kota, Kapten Kav. Karmadi, koordinasi antara Satgas dan aparat desa tidak mesti dilakukan secara formal.

’’Dimana saja, dalam kesempatan apa saja koordinasi selalu dilakukan. Terutama menyangkut pelibatan warga, menyusul begitu TMMD dibuka semua sasaran fi sik secara serentak mulai dikerjakan sehingga perlu perimbangan ploting tenaga baik dari warga maupun dari Satgas,’’ jelasnya.

Terlebih di sasaran non fi sik nanti, lanjut Danramil Karmadi, perlu pelibatan warga di setiap kegiatan. Dimana tidak saja menyangkut jumlahnya, melainkan, sasaran warga yang dilibatkan harus menyesuaikan materi penyuluhan yang diberikan.

’’Misalnya di pelatihan pembuatan makanan ringan, tentu warga yang harus dilibatkan adalah ibuibu baik dari pengurus PKK, ibu rumah tangga. Dengan demikian koordinasi akan terus dilakukan,’’ tambah Kapten Karmadi. (adi/ biz/sgt)