Beranda Jateng Solo Peringati Hari Buruh, BPJamsostek Surakarta Serahkan 170 Paket Sembako dan Serahkan Klaim...

Peringati Hari Buruh, BPJamsostek Surakarta Serahkan 170 Paket Sembako dan Serahkan Klaim Santunan

22
SANTUNAN : Bupati Karanganyar dan Kepala Cabang BPJamsostek Surakarta menyerahkan sembako dan santunan, dalam acara May Day di Karanganyar, Jawa Tengah. Foto : Ade Ujianingsih/Jateng Pos

JATENGPOS.CO.ID, KARANGANYAR – Momentum may day atau Hari Buruh Internasional diperingati Kantor BPJamsostek Cabang Surakarta, dengan sarasehan dan membagikan sembako bagi pekerja, Sabtu (1/5/2021).

Acara digelar di New Normal Cafe, Karanganyar, dengan dihadiri Bupati Karanganyar Juliyatmono, beserta sejumlah instansi terkait dan perwakilan dari beberapa organisasi buruh. Seperti Apindo, Likes, FSP RTMM, KSPN, SPN, SBSI 1992.

“Tema kali ini May Day is Build Together, semangat untuk saling membangun dan memberi manfaat. Seperti kami siap memberikan manfaat atas lima program BPJamsostek untuk pekerja Indonesia,” kata Hasan Fahmi, Kepala BPJamsostek atau BPJS Ketenagakerjaan cabang Surakarta.

Disamping itu BPJS Ketenagakerjaan juga berupaya meningkatkan pelayanan agar manfaatnya semakin dirasakan oleh para pekerja,  khususnya jaminan hari tua dan jaminan pensiun,” jelasnya kepada media.

Hasan Fahmi juga sampaikan tingkat kepesertaan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan di Karanganyar menjadi perhatian.

Saat ini jumlah tenaga kerja di wilayah karanganyar yang sudah terdaftar dalam BPJS Ketenagakerjaan ada 74.525 orang. Dengan badan usaha yang terdaftar dari swasta dan institusi pemerintah ada 1887 lembaga usaha.

“Saat ini baru 30-45 persen yang terdaftar dalam BPJS Ketenagakerjaan. Tugas kami dan  dukungan pada rekan serikat pekerja agar membantu sosialisasikan manfaat jika pekerja terlindungi oleh BPJS ketenagakerjaan,” tandas Fahmi.

Disampaikan Fahmi, Jumlah klaim di wilayah Kabupaten Karanganyar untuk 2020 sebesar Rp 37,929 miliar, dengan jumlah 5614 kasus. Sedangkan selama tahun 2021 sudah ada 1688 kasus, dengan jaminan Rp 15,090 miliar.

Sarasehan yang juga menghadirkan Bupati Karanganyar tersebut juga bertujuan saling bertukar pikiran saling membangun dan memberikan manfaat.

Dalam kesempatan tersebut Bupati Karanganyar Juliyatmono secara simbolis menyerahkan klaim Santunan Kematian bagi dua orang ahli waris non ASN (THL) dari DPU dan BKD, masing-masing senilai Rp 42 juta. (Dea/bis/rit)