Peringati Hari Guru, Siswa SMPN 35 Adakan Kegiatan Terima Kasih Guruku

JATENGPOS.CO.ID, SEMARANG – Hari Guru Nasional diperingati setiap tanggal 25 November. Peringatan Hari Guru yang bertepatan dengan HUT PGRI (Persatuan Guru Republik Indonesia) ini menjadi momen untuk memberikan apresiasi kepada guru atas dedikasinya dalam melaksanakan tugas mengajar serta mendidik siswa. Momen ini biasanya diisi dengan beragam acara atau kegiatan sesuai kekhasan masing-masing satuan pendidikan. SMP Negeri 35 Semarang pun  turut berpatisipasi memeriahkan peringatan Hari Guru Nasional Tahun 2022.

 Para siswa yang dikoordinir pengurus OSIS mengadakan kegiatan bertajuk “Terima Kasih Guruku”. Kegiatan ini diadakan sebagai bentuk penghargaan dan ungkapan terima kasih siswa kepada Bapak Ibu Guru. Kegiatan diawali dengan melakukan 3S (Senyum, Salam, Sapa). Beberapa perwakilan siswa tampak bersiap di gerbang sekolah menyambut kedatangan Bapak Ibu Guru, Tenaga Kependidikan, juga siswa lain. Tak hanya menyapa, di hari istimewa ini para siswa dengan sigap membawakan tas kerja Bapak Ibu guru sampai ke meja kerja di ruang guru. Mereka pun rela hati membantu Bapak Ibu guru saat memarkirkan kendaraan.

Peringatan Hari Guru semakin lengkap dengan diadakannya apel. Apel diikuti oleh seluruh guru, tenaga kependidikan, serta siswa. Dalam amanatnya, Kepala SMP Negeri 35 Semarang, Muslimim, S.Ag. menyampaikan bahwa guru ibarat kompas yang menentukan arah untuk menempuh perjalanan jauh. Guru menjadi pedoman, patokan untuk menuju tujuan dan cita-cita setiap siswa.

Bagian akhir kegiatan apel sarat dengan kemeriahan dan rasa haru. Siswa secara bergiliran memberi apresiasi kepada Bapak Ibu Guru. Apresiasi tersebut berupa pembacaaan puisi yang berisi ungkapan terima kasih atas pengorbanan dan jasa-jasa guru. Ada pula perwakilan siswa yang menyanyikan lagu “Trimakasihku” yang dipersembahkan untuk Bapak Ibu guru sebagai ucapan terima kasih atas bimbingan, nasihat, dan  ilmu yang berguna  sebagai bekal para siswa. Tidak hanya itu, siswa pun memberikan tanda kasih kepada sekolah dengan memberikan beberapa suvenir serta bunga sebagai ungkapan kasih sayang siswa kepada Bapak Ibu Guru. Tak ketinggalan, persembahan musik angklung oleh Bapak Ibu Guru semakin menambah kemeriahan peringatan Hari Guru di SMP N 35 Semarang.

Salah seorang guru, Theodora Purwandari, S.Pd.  menyampaikan kesannya terhadap peringatan Hari Guru. “Momen peringatan Hari Guru ini bagi saya pribadi menjadi momen refleksi. Merefleksikan panggilan dan tugas saya sebagai seorang guru untuk mengajar dan mendidik siswa,” ujarnya. Harapan pun disampaikan oleh Dra. Endang Lestariningsih, salah satu guru yang  telah menjalani profesi guru selama 28 tahun. Perasaan senang memiliki kesempatan mendidik dan mengajar siswa dan melihat keberhasilan para siswa yang pernah diajarnya menjadi semangat tersendiri bagi Ibu Endang untuk terus menjalani profesi ini dengan baik. “ Semoga apa yang saya berikan kepada anak-anak bisa bermanfaaat bagi mereka, kedua orang tua, bangsa, dan negara,” pungkasnya. Selain itu, salah seorang siswa, Azzahra Rahima Nihel juga menyampaikan kesannya di Hari Guru ini. Baginya, guru merupakan pahlawan pendidikan. “Guru tidak hanya berbagi ilmu mata pelajaran namun juga berbagi ilmu kehidupan. Bahkan para guru selalu belajar lagi supaya kita mendapatkan ilmu yang lebih luas,” ujarnya.

 Tema Hari Guru Nasional Tahun 2022 adalah “Serentak Berinovasi, Wujudkan Merdeka Belajar”. Logo Hari Guru yang berbentuk hati, di dalamnya terlihat siluet guru dan siswa mengingatkan kita bahwa relasi guru dan siswa adalah sinergi positif yang harus diupayakan dengan penuh semangat demi tercapainya merdeka belajar. Diharapkan guru Indonesia mampu mencurahkan cinta dan semangat pada dunia pendidikan. Selamat Hari Guru! Jadilah guru hebat yang menghebatkan setiap siswa!.(sgt)