Perkuat Karakter Bangsa Melalui Empat Pilar Kebangsaan

Sosialisasi empat pilar kebangsaan oleh anggota MPRRI, Bambang Sutrisno di desa Ngringo, Palur, Karanganyar.

 JATENGPOS.CO.ID, SUKOHARJO – Meskipun masih masa pandemi Covid19, namun tugas dan tanggungjawab anggota MPR-RI dalam mensosialisasikan Empat Pilar Kebangsaan terus berjalan.

“Momentum pandemi menjadi waktu untuk masyarakat tetap memahami dan mengamalkan jiwa dan semangat empat pilar kebangsaan, dalam rangka memantapkan karakter bangsa,” ungkap Bambang Sutrisno, anggota MPR-RI, saat sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan yang dilaksanakan di RT 5/24 desa Ngringo, Kecamatan Palur, Kabupaten Karanganyar, Jumat (6/11) malam kemarin.

Dihadapan masyarakat yang tergabung dalam paguyuban RW se Desa Ngringo, Bambang yang merupakan anggota DPD RI dapil Jawa Tengah, kembali mengingatkan bahwa bangsa yang kuat harus diimbangi dengan masyarakat yang memegang teguh karakter bangsa, dalam hal ini jiwa dan semangat Pancasila, UUD 45, Bhineka Tunggal Ika dan NKRI.

Hadir pula Nara Sumber lain, yakni  Dr.Drs.Sugiyaryo,SH,MH,MPd, seorang pendidik yang menyampaikan pesan pada tokoh masyarakat desa Ngringo, Palur, agar menjadi contoh dan pionir dalam mmemahami, mengamalkan bahkan dapat menyebar luaskan nilai kebangsaan.

“Tujuan sosialisasi ini gencar dilakukan, agar empat pilar kebangsaan dapat dimengerti dan dipahami masyarakat luas diseluruh wilayah tanah air,” ungkap Sugiyaryo.

Disampaikan Sugiyarto, materi empat pilar kebangsaan ini mengandung nilai nilai luhur yang sangat penting dalam membentuk karakter bangsa. Diharapkan dapat menciptakan kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara dengan tetap mengutaman Persatuan dan Kesatuan Bangsa.

Sosialisasi dilakukan dengan protokol kesehatan, diikuti oleh perwakilan Karang Taruna, PKK, Tokoh Masyarakat, Perangkat Desa Ngringo. Hadir juga kepala Desa, yang mewakili Camat dan Muspika Kecamatan Jaten Karanganyar.

Tuhana, salah satu wakil warga menyatakan siap mendukung langkah pemerintah dalam gerakan mensosialisasikan nilai luhur, jiwa dan semangat empat pilar kebangsaan yang digaungkan MPR-RI. (Dea/bis/rit)