Pertemuan Pokja Kampung KB Desa Brakas Kecamatan Dempet

Kegiatan pertemuan Pokja Kampung KB Desa Brakas Kecamatan Dempet, dilaksanakan di Rumah Sobirin selaku ketua kampung KB Desa Brakas

JATENGPOS.CO.ID,  DEMAK – Kegiatan pertemuan Pokja Kampung KB Desa Brakas Kecamatan Dempet kemarin dilaksanakan di rumah Sobirin yang juga ketua Kampung KB Desa Brakas. Kampung KB sendiri adalah sebagai wahana pemberdayaan masyarakat dimana program dari BKKBN ini difungsikan untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat di tingkat kampung atau desa melalui program KKBPK (Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga) serta pembangunan sektor terkait lainnya dalam rangka mewujudkan keluarga kecil berkualitas.

Kadinpermades P2KB Kabupaten Demak Drs. Daryanto, MM melalui Kabid P2PP Sukardjo, SKM, M.Kes kepada wartawan menjelaskan, Program KKBPK mewujudkan keluarga kecil bahagia sejahtera dengan melaksanakan delapan fungsi keluarga. Penerapan fungsi keluarga ini membantu keluarga lebih bahagia dan sejahtera, terbebas dari kemiskinan, kebodohan dan keterbelakangan. Sedangkan keberhasilan dari program KKBPK ini tentunya bisa dilihat dari aspek pengendalian kuantitas penduduk, aspek peningkatan kualitas penduduk yang dalam hal ini diukur dengan peningkatan ketahanan dan kesejahteraan keluarganya.

Adapun pertemuan Pokja kali ini merupakan pertemuan Pokja terakhir dari empat kali pertemuan yang sudah diadakan di Desa Brakas. Hadir dalam kegiatan ini Maftukhah Kurniawati, SH.MH selaku Kabid KBK dan KK Dinpermades P2KB, BPKB Kecamatan Dempet, Kepala Desa Brakas, Bidan Desa, dan Kader Pokja Kampung KB.

Dalam kesempatan itu Maftukhah Kurniawati, SH.MH selaku Kabid KBK dan KK Dinpermades P2KB menyampaikan bahwa pertemuan Pokja ini sudah yang ke 4 atau pertemuan Pokja terakhir, dan pertemuan selanjutnya bukan Pokja lagi tetapi kegiatan Poktan yang akan datang. Diingatkan juga bahwa vaksinasi terus di gencar dan di harapkan smua warga terutama Desa Brakas harus bisa tervaksinasi ke Dosis 2 semua agar bisa menjadi Desa percontohan yang baik.

Dra Trimulyatini selaku koordinator Balai KB Kecamatan Dempet beliau memberikan usulan mengenai pelatihan pembuatan sirup atau manisan dari buah  untuk kegiatan Poktan yang akan datang nanti harapannya bisa terlaksana.(*)