Bikin Penasaran, Singkong Jumbo Klaten Beratnya Capai 9 Kg !

SINGKONG BESAR : Petani di Dusun Sumber Kulon, Desa Sumber, Kecamatan Trucuk, Kabupaten Klaten merasa senang setelah mengetahui hasil panen tanaman singkong miliknya yang ukurannya sangat besar.
JATENGPOS.CO.ID, KLATEN – Petani di Dusun Sumber Kulon, Desa Sumber, Kecamatan Trucuk, Kabupaten Klaten merasa senang setelah mengetahui hasil panen tanaman singkong miliknya yang ukurannya sangat besar.

Wardiyono (50) pemilik tanaman singkong jumbo, mengatakan, singkong yang paling besar beratnya mencapai 9 kilogram dengan panjang 65 centimeter dan memiliki lingkar 57 centimeter. Sedangkan yang lain seberat empat kilogram dan tiga kilogram.

“Ini singkong jenis oyeng. Ukurannya besar-besar. Satu batang saja bisa muncul lima buah singkong dengan total berat 20 kilogram,” ujarnya, Kamis(19/8).

Menurutnya, besar kecilnya singkong dipengaruhi oleh tehnik atau cara pembudidayaannya. Agar bisa menghasilkan singkong ukuran besar harus dipupuk menggunakan kompos.

“Tehniknya diperbanyak komposnya. Jadi ketika kompos banyak akan mempermudah akarnya menembus tanah. Sehingga untuk membesarkan singkongnya sangat mudah,” urainya.

Wardiyono mengatakan, dalam satu petak lahan ada beragam jenis singkong yang ditanam, selain singkong oyeng juga ada singkong madu. Semua singkong yang dibudidayakan merupakan singkong konsumsi.

“Saya menanam singkong ini tidak untuk dijual, tapi untuk mencukupi kebutuhan pangan atau dikonsumsi sendiri selama masa pandemi. Istilahnya untuk lumbung pangan keluarga,” jelasnya.

Sementara itu, kabar adanya singkong jumbo membuat penasaran warga untuk melihat dari dekat. Ahmad (47) warga Delanggu mengaku heran melihat singkong jumbo itu.

“Gede banget (sangat besar). Ini ada yang sudah direbus rasanya juga enak. Mantep pokoknya,” urainya.(aya/rit)