Beranda Ekonomi Peternak Sapi Perah Desa Sumur Dapat Bantuan Cooling Tank

Peternak Sapi Perah Desa Sumur Dapat Bantuan Cooling Tank

201
PT Garudafood serahkan bantuan Fresh Milk Cooling Tank di Desa Sumur, Kecamatan Tamansari, Boyolali. foto : aji jarmaji/jateng pos

JATENGPOS.CO.ID, BOYOLALI – Peternak sapi perah di Desa Sumur, Kecamatan Tamansari, Boyolali mendapat bantuan satu unit fresh milk cooling tank atau tangki pendingin. Dengan adanya bantuan ini diharapkan akan semakin meningkatkan produksi dan kualitas susu sapi.

Bantuan tersebut diserahkan PT Garudafood Putra Putri Jaya Tbk (“GOOD”). Bantuan cooling tank tersebut diserahkan kepada peternak Desa Sumur melalui KUD Getasan, Kabupaten Semarang, di Desa Sumur, Kamis (17/10).

Dalam acara tersebut juga dilakukan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) atau nota kesepahaman antara PT Garudafood dengan KUD Getasan. MoU ditandatangani Head of Factory Garudafood, Felly Linawati dan Ketua KUD Getasan Bambang Irianto.

Felly Linawati, mengatakan PT Garudafood Putra Putri Jaya Tbk terus memperkuat kemitraan dengan peternak sapi perah lokal. Baik melalui koperasi susu maupun kelompok peternak di Jawa Barat dan Jawa Tengah. Antara lain dengan melakukan penandatangan MoU dengan KUD persusuan.

“Ini merupakan bentuk komitmen jangka panjang Garudafood dalam program kemitraan,” ujar Felly Linawati.

Selain menyerap pasokan bahan baku susu segar untuk diproduksi, kemitraan Garudafood juga mencakup bantuan cooling tank susu sebagai tempat penyimpanan susu segar. Kemudian technical assistance tentang teknis penyimpanan susu yang berkualitas, pasokan bahan baku pakan ternak, serta upaya pemberdayaan peternak.

“Peran peternak sapi perah lokal ini sangatlah penting dan strategis bagi kami di Garudafood. Merekalah yang selama ini memastikan kelancaran produksi produk susu kami dengan mengirim bahan baku susu sapi segar dengan kualitas dan jumlah yang sesuai dengan kebutuhan kami,” ungkap Felly.

Pihaknya berharap, melalui kerjasama ini peternak sapi perah mampu meningkatkan kualitas dan produktivitas hasil susu ternaknya. Kesejahteraan peternak pun bisa meningkat.
Ketua KUD Getasan, Bambang Irianto, menyampaikan apresiasi atas kerjasama ini. Melalui MoU ini para peternak memiliki kesempatan untuk terlibat dalam berbagai program pemberdayaan yang dijalankan oleh Garudafood.

“Kami berharap kerjasama kemitraan KUD Getasan dengan Garudafood ini berjalan secara berkesinambungan,” katanya.
Sementara itu Kepala Desa Sumur, Siti Prihatin, berharap dengan adanya bantuan cooling tank ini bisa mendorong produksi susu segar di Desa Sumur. Produksi susu sapi di desa Sumur saat ini sekitar 700 liter hingga 1.000 liter per hari.

Jumlah tersebut menurun dari kapasitas produksi semula. Sebabnya, banyak peternak sapi perah beralih ke ternak penggemukan sapi karena mahalnya harga pakan dan kerepotan distribusi susu segar.

“Dengan kemudahan dalam menjual susu saat ini, semoga peternak bisa beralih lagi ke sapi perah dan produksi susu disini bisa meningkat lagi,” imbuh dia. (aji/prast/bis/rit)