PIP Semarang Gelar Wisuda Ke-98 Program Diploma IV

WISUDA - PIP Semarang saat menggelar Sidang Senat Terbuka dalam rangka Wisuda ke-98 Program Diploma IV

JATENGPOS.CO.ID,  SEMARANG – Sidang Senat Terbuka dalam rangka Wisuda ke 98 Program Diploma IV Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Semarang bertempat di Auditorium Gedung Serba Guna Balai Mas Pardi, pada Selasa (27/2). Acara ini diselenggarakan untuk memberikan penghormatan atas suatu pencapaian akademis taruna-taruni yang saat ini telah selesai menempuh pendidikannya selama delapan semester. Acara dihadiri oleh tamu undangan yang berasal dari sekolah dan akademi pelayaran, serta perwakilan stakeholder.

Sebanyak 187 taruna-taruni dari Program Studi Nautika, Teknika, dan Tatalaksana Angkutan Laut dan Kepelabuhan dikukuhkan dengan gelar Diploma IV.

Wisudawan terbaik diraih oleh Ongky Akbar Pramono dari Program Studi Nautika dengan IPK 3.50, dan Atalami Shalahuddin Wirapaksi dari Program Studi Teknika dengan IPK 3.52.

Seluruh wisudawan dilantik menjadi Perwira Pelayaran Niaga dan akan memperoleh Ijazah Diploma IV dan menyandang gelar Sarjana Terapan Pelayaran (S.Tr.Pel), serta sertifikat pendamping ijazah.

Dalam laporan pendidikan yang disampaikan oleh Kepala Bagian Administrasi Akademik dan ketarunaan Dr. Capt. Ilham Ashari, S.Si.T., M.M., M.Mar., juga menginformasikan terkait keberhasilan PIP Semarang dalam melahirkan sumber daya manusia dengan kompetensi yang tidak diragukan lagi.

 “PIP Semarang telah menghasilkan lulusan sebanyak 12.885 orang termasuk para wisudawan hari ini,” pungkas Ilham.

Sementara itu Capt. Sukirno selaku Direktur PIP Semarang menyampaikan ucapan selamat kepada para wisudawan atas keberhasilan mereka menyelesaikan studi di PIP Semarang. Dalam kesempatan yang sama Sukirno juga menegaskan para wisudawan harus menjadi salah satu ujung tombak pembangunan bangsa dengan berperan serta secara aktif menjadi bagian dalam memajukan industri pelayaran nasional.

“Para wisudawan harus mampu memberikan sumbangsih bagi terwujudnya cita-cita bangsa untuk menjadi poros maritim dunia. Kita harus optimis untuk mencapainya, karena potensi maritim yang dimiliki Indonesia begitu besar. Sebagai lulusan PIP Semarang, anda harus menjadi insan maritim yang profesional, handal, dan berkarakter. Harus mampu bersaing di dunia global dan memberikan kontribusi bagi kemajuan bangsa dan negara,” ucap Sukirno.

Sidang Senat Terbuka Wisuda Ke 98 Diploma IV Tahun 2024 ini menjadi momen penting bagi para wisudawan untuk memulai babak baru dalam karier mereka. Dengan ilmu dan pengetahuan yang telah diperoleh, mereka diharapkan dapat menjadi pelaut yang handal dan profesional serta memberikan kontribusi bagi kemajuan bangsa dan negara.(akh)