PKB Buka Peluang Koalisi dengan PDIP di Pilgub Jateng

Ketua DPW PKB Jateng, Gus Yusuf Chudlori.

JATENGPOS.CO.ID, UNGARAN– Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) membuka peluang koalisi dengan berbagai partai politik lainnya termasuk PDI Perjuangan (PDIP) untuk gelaran Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jateng 2024.

“Kita sudah membangun komunikasi dengan partai-partai, ketua partai, dengan Demokrat kita sudah melakukan pembicaraan, PPP juga dengan PKS tentu juga dengan PDIP dan Gerindra. Kita sudah melakukan komunikasi dengan semua partai, tinggal intensitasnya saja,” kata Ketua DPW PKB Jawa Tengah (Jateng) Yusuf Chudlori alias Gus Yusuf di Kota Semarang, akhir pekan kemarin.
Dia menyebut koalisi yang akan dibangun digelaran Pilgub Jateng akan cair, tidak mesti sama dengan Pilpres), dan tidak bisa berdiri sendiri karena ada juga komunikasi di tingkat DPP.

“Kami masih godok koalisinya, kami belum berani menyampaikan, karena kalau kita menyampaikan pasti bareng dengan partai koalisi, agar tidak sepihak,” jelasnya.

Gus Yusuf sendiri sudah direstui PKB sebagai Cagub Jateng di kontestasi Pilgub Jateng mendatang. Dia menyebut kriteria wakil yang akan diusung tentu yang punya elektabilitas pemenangan di Pilgub sekaligus bisa menopang kinerja pemerintahan ke depan.

Politisi PKB Abdul Halim Iskandar mengatakan kemenangan PKB di Jateng sudah melebihi Jawa Timur (Jatim). Saat ini perolehan kursi DPRD Jateng 20 kursi, melampaui pileg sebelumnya 16 kursi. Sementara Jatim 32 kursi sebelumnya, saat ini baru 27 kursi. Secara nasional naik signifikan dari 58 menjadi 68 kursi.

“Jateng sudah sangat sukses, saya sebagai desk Pilkada untuk turut mengkonsolidasikan Jateng sehingga kemenangan baik di provinsi maupun kabupaten kota makin meningkat,” ujarnya. (oke/muz)