PKB Optimis jadi Penentu Kemenangan Pilkada Sragen

PKB: Kader PKB Sragen saat pembekalan partai. Foto: ist

JATENG POS. CO. ID, SRAGEN – Intensitas menjelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) semakin meningkat. Terlebih langkah sejumlah partai Politik (Parpol) dalam mempersiapkan nama bakal calon bupati/wakil bupati juga beragam. Termasuk partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Sragen yang sudah membuka pendaftaran dan mengutus kader untuk mendaftar.

Sekretaris DPC PKB Sragen Nur Muhammad Sugiyarto saat ditemui wartawan menyampaikan bahwa PKB berkomitmen menjadikan PIlkada sebagai momentum melanjutkan pembangunan Sragen yang lebih baik. Termasuk langkah koalisi dengan partai manapun. “PKB siap bekerja sama dengan semua pihak dan membangun koalisi dengan partai lain,” Selasa (28/5).

Dia menyampaikan di dalam internal parpol tersebut, tentu dilakukan banyak diskusi terkait strategi menghadapi pilkada. Lantas dia menyampaikan atas diskusi DPW dan DPC partai telah memerintahkan kepada kader internal untuk bersiap. Diantaranya kepada Mukafi Fadli yang saat ini menjadi anggota DPRD Provinsi Jawa Tengah, Sekretaris DPC PKB Nur Muhammad dan wakil Bupati Sragen Suroto.

Para nama yang disebut itu diminta untuk mempersiapkan diri. Agar bersiap diajukan mejadi calon wakil bupati. dan PKB tetap membuka peluang kader lain maupun masyarakat untuk mendaftar baik di posisi calon bupati atau wakil dengan mendaftar online pada sistem cakada yg di buat oleh DPP. ”Target yang diberikan untuk Sragen posisi wakil Bupati, namun tidak menutup kemungkinan untuk mendaftar sebagai calon Bupati,” terangnya.

Dia menjelaskan, para kader yg disiapkan oleh partai atau pun pendaftar di sitem cakada, Nantinya akan di hubungi untuk Uji Kelayakan Kompetensi (UKK), yang kemudian hasil UKK tersebut akan dimintakan saran pendapat dari Pimpinan Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU).

PCNU bisa menambah bahkan mengganti kader yang sudah di munculkan PKB sebagai calon bupati dan wakil kepada PKB. Namun demikian PKB akan menerikan catatan bahwa ususlan NU yang prioritas adalah calon yg merupakan pengurus inti atau tokoh sentral NU sragen,” terangnya

Dia menegaskan PKB menargetkan semakin mengkerucut calon dan bangunan koalisi akan selesai dalam waktu secepatnya. ”Setiap parpol punya strategi dalam menghadapi pilkada ini. Lantas PKB disini bisa menjadi penentu arah kemenangan di Pilkada,” ujarnya.

Sementara Ketua Desk Pilkada DPC PKB Sragen Endro Supriyadi menyampaikan di Sistem Cakada PKB Sragen saat ini sudah ada 5 pendaftar. Dua nama diantaranya kader Internal Nur Muhammad Sugiyarto dan nama di luar kader yakni Untung Wina Sukowati.

”Sementara ada 2 nama yang mendaftar sebagai bakal calon Bupati dan 3 nama sebagai bakal calon wakil Bupati,” ujarnya.

Endro menegaskan pihaknya tentu juga menjalin komunikasi dengan parpol lainnya. ”Tentu komunikasi, seperti beberapa waktu lalu juga bertemu Sekretaris DPC Gerindra, dan beberapa politisi lainnya,” terangnya. (ars/jan)