PLN Distribusi Jateng dan  DIY Respon Cepat Pelanggan Terdampak Bencana

Petugas Yantek PLN Rayon Bantul tengah memotong kabel listrik pada tiang yang ambruk diterjang banjir di tepi sungai Oyo, Jetis Selopamioro, Imogiri Bantul. FOTO : DOK/JATENGPOS.CO.ID

JATENGPOS.CO.ID, YOGYAKARTA –  PLN Distribusi Jateng dan  DIY melakukan respon  cepat dalam mengatasi  dampak Badai Siklon Tropis Asia, pada hari Kamis (30/11) kemarin. PLN melibatkan  ‎kerjasama seluruh Tim PDKB yang ada di PLN Distribusi Jawa Tengah dan DIY seperti di Area Magelang,  Pekalongan, Demak, Semarang dan Area Purwokerto.

Selain itu juga melibatkan pegawai serta mitra kerja  dengan jumlah 799 personil  serta alat kerja crane sebanyak 31 buah  menuju lokasi untuk membantu pemulihan.

Diketahui wilayah kerja PLN Distrubusi Jateng dan DIY sebagian besar terdampak bencana banjir, longsor dan pohon tumbang yang mengakibatkan sekitar 279 ribu pelanggan dari 10 juta pelanggan yang mengalami gangguan padamnya aliran listrik.

Baca juga:  PLN UP2D Jateng dan DIY Peduli Dunia Pendidikan

Sampai dengan  Sabtu (2/11)  pukul 17.00 wib  pelanggan yg masih belum menyala  sejumlah 3.525 pelanggan, namun petugas PLN masih berada di lokasi bencana untuk terus mengupayakan pemulihan agar listrik cepat menyala.

iklan

Daerah yang sangat parah terdampak adalah wilayah kerja Area Yogyakarta dengan pelanggan terdampak sebanyak 23 ribu lebih, namun saat ini tinggal sekitar 800 pelanggan. Selain itu juga Area Surakarta terdampak 18 ribu lebih dan pemulihan sdh mencapai 55%.

‎General Manager PLN Distribusi Jateng dan DIY,  Agung Nugraha mengatakan akibat siklon tropis berdampak terhadap  60 titik jaringan dengan 10 ribu pelanggan di Wates, Kulon Progo, Yogyakarta. Dan secara bertahap pihaknya berhasil melakukan normalisasi kepa‎da 9.700 pelanggan atau 97 persen yang telah normal kembali.

Baca juga:  Pertamina Patra Niaga Hadir di Sukoharjo Hybrid Expo 2022

Pihaknya bekerjasama dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat untuk membantu membersihkan material longsor. Khusus untuk Wilayah Kerja Area Surakarta yaitu di Wonogiri, tim PLN belum bisa memasuki seluruh lokasi yg ada krn masih tertutup longsor. “Kami berupaya memberikan pelayanan teknik yang cepat terhadap ‎kondisi darurat dan mengutamakan kepuasan pelanggan,” katanya.

Dalam kesempatan yang sama hadir juga PLN Peduli dengan memberikan bantuan dan kepada warga yg terkena dampak. “Begitu kami mendengar adanya gangguan alam yg melanda sebagian Jawa Tengah dan  Yogyakarta dengan sigap Tim PLN peduli melakukan koordinasi dengan BPBD Jateng dan Yogya untuk berkoordinasi kebutuhan apa yg bisa diberikan,” imbuhnya.

Baca juga:  PLN UP2D Jateng & DIY Sosialisasi Manfaat dan Bahaya Listrik

Tiga kabupaten dan Daerah Istimewa Yogyakarta  telah diberikan bantuan berupa kebutuhan bahan pokok makanan seperti beras, minyak makanan instans selimut, sarung matras alas tidur serta obat-obatan dengan total Rp220.juta. “Kami berharap dengan bantuan yang diberikan dapat membantu dan meringankan warga yang terkena dampak,” tandasnya. (aln/mar)

iklan