Beranda Ekonomi PLN Luncurkan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum di Semarang

PLN Luncurkan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum di Semarang

22
SPKLU PERTAMA- PT PLN Unit Induk Distribusi Jawa Tengah dan DIY meluncurkan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) pertama di Provinsi Jawa Tengah, di kantor PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Semarang di Jl Pemuda No. 93, Kota Semarang, Kamis (16/1/2020). FOTO : ANING KARINDRA/JATENG POS
SPKLU PERTAMA- PT PLN Unit Induk Distribusi Jawa Tengah dan DIY meluncurkan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) pertama di Provinsi Jawa Tengah, di kantor PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Semarang di Jl Pemuda No. 93, Kota Semarang, Kamis (16/1/2020). FOTO : ANING KARINDRA/JATENG POS

JATENGPOS.CO.ID, SEMARANG – PT PLN Unit Induk Distribusi Jawa Tengah dan DIY meluncurkan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) pertama di Provinsi Jawa Tengah. SPKLU tersebut berada di kantor PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Semarang di Jl Pemuda No. 93, Kota Semarang.

Adapun SPKLU ini bisa digunakan untuk semua kendaraan listrik baik mobil, motor, sepeda, maupun golf car. Peresmian SPKLU tersebut sebagai bagian dari implementasi kelengkapan infrastruktur bagi kendaraan bermotor listrik berbasis baterei, sesuai dengan Peraturan Presiden no.55 tahun 2019.

General Manager PLN Unit Induk Distribusi Jateng dan DIY, Feby Joko Priharto mengatakan, peresmian SPKLU di Kota Semarang merupakan kota kelima setelah Jakarta, Bandung, Banten, Bali, dan Surabaya.

“Ini merupakan upaya kami PLN untuk terus mengajak masyarakat dalam memanfaatkan listrik untuk kegiatan sehari-hari, sehingga meningkatkan produktivitas masyarakat, serta pemberdayaan masyarakat supaya berkehidupan lebih baik, sejahtera,” kata Feby, Kamis (16/1/2020).

Dijelaskan, PLN mengusung tema electrifying lifestyle di mana semua kegiatan sehari-hari akan menggunakan listrik, mulai dari memasak hingga berkendara, semua menggunakan listrik yang lebih efisien dibandingkan energi fosil lainya.

“PLN siap untuk hal ini, baik untuk ketersediaan energi maupun infrastruktur. Tidak hanya di situ kami juga menjamin keandalan dan kemudahan layanan,” jelasnya.

Menurutnya, ke depan PLN berencana untuk membangun SPKLU kembali di lima kota besar di Jawa Tengah, dan diharapkan jumlahnya akan terus bertambah.

Kepala Dinas Energi Sumber Daya Mineral Jawa Tengah, Sujarwanto Dwiatmoko menambahkan, Pemprov Jateng mendukung penuh program PLN tersebut. Diharapkan, dengan semakin banyaknya dukungan dari berbagai unsur terkait, ekosistem kendaraan listrik akan semakin tumbuh, sehingga mengurangi ketergantungan terhadap energi fosil yang tidak dapat diperbarui.

“Pemprov Jateng tentu sangat mendukung penuh SPKLU ini, diharapkan masyarakat akan semakin familiar dengan motor maupun mobil listrik,” imbuhnya.

Sementara itu, Wakil Wali Kota Semarang, Hevearita Gunaryanti Rahayu mengemukakan, adanya SPKLU tersebut akan menjadi pemacu bagi Pemkot untuk mengampanyekan penggunaan kendaraan listrik di Ibu Kota Jawa Tengah ini.

“Akhirnya di Kota Semarang memiliki SPKLU, Kota Semarang siap mempopulerkan keberadaan kendaraan listrik, baik itu motor, mobil, maupun golf car,” pungkasnya.(aln)