PLN Magelang Bantu UMKM Alat Pengolahan Ubi Jalar

Manager PT PLN (Persero) UP3 Magelang Yunarsih (dua dari kanan) menyerahkan secara simbolis bantuan alat pengolahan ubi jalar kepada perwakilan Rumah Produksi Pengolahan Umbi-Umbian "Berkah" Desa Candisari, Kecamatan Windusari, Kabupaten Magelang, Jumat (18/6/2021). ANTARA/HO-Humas PLN UP3 Magelang

JATENGPOS.CO.ID, MAGELANG — PT PLN (Persero) Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan Magelang membantu alat pengolahan ubi jalar kepada pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah, yang tergabung dalam Rumah Produksi Pengolahan Umbi-Umbian “Berkah” Dusun Truni, Desa Candisari, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah.

“Bantuan ini bentuk tanggung jawab sosial serta kepedulian PT PLN (Persero) kepada masyarakat, khususnya Desa Candisari, Kecamatan Windusari, Kabupaten Magelang. Semoga bantuan ini dapat bermanfaat bagi masyarakat,” kata Manajer PLN UP3 Magelang Yunarsih dalam keterangan tertulis di Magelang, Jawa Tengah, Jumat.

Bantuan secara simbolis bersumber dari program tanggung jawab sosial perusahaan PLN itu diserahkan Yunarsih kepada perwakilan Rumah Produksi Pengolahan Umbi-Umbian “Berkah” Istanto, yang antara lain disaksikan Kepala Desa Candisari Nur Afandi.

Yunarsih menjelaskan Desa Candisari terpilih perusahaannya sebagai penerima bantuan tersebut karena memiliki potensi sebagai daerah unggulan produk ubi jalar serta semangat warga setempat dalam mengembangkan usaha pengolahan ubi jalar yang patut diapresiasi.

Bantuan Program PLN Peduli digunakan untuk pembelian alat produksi pengolahan ubi jalar senilai Rp92.939.000 dengan harapan dapat meningkatkan kualitas dan kuantitas produksi pengolahan ubi jalar sehingga mampu bersaing di pasaran yang lebih luas.

Ia juga menjelaskan bahwa PLN selain fokus memperluas layanan kelistrikan kepada masyarakat, juga meningkatkan kemudahan layanan melalui aplikasi “PLN Mobile”.

Pelanggan, ujar dia, dapat mengunduh aplikasi itu di Playstore dan App Store untuk menggunakan layanan kelistrikan, seperti pasang baru, tambah daya, cek tagihan, dan laporan keluhan.

Istanto menyatakan terima kasih atas dukungan PLN setempat bagi kemajuan rumah produksi tersebut.

“Bantuan ini sangat kami butuhkan karena sebelumnya kami mengolah ubi jalar secara manual. Dengan adanya alat-alat yang diberikan PLN semoga proses pengolahannya lebih efisien,” katanya.

Sementara, Kepala Desa Candisari Nur Afandi mengemukakan pentingnya peningkatan produksi pengolahan ubi jalar oleh para pelaku usaha setempat setelah memperoleh bantuan dari PLN itu.

“Kami berterima kasih kepada PLN karena sudah mendukung usaha di Desa Candisari ini. Kami berharap dengan adanya bantuan ini bisa meningkatkan produksi dan juga perekonomian masyarakat, serta membawa berkah bagi kami khususnya petani di Desa Candisari,” katanya. (fid/ant)