PLN Pamerkan Hasil Karya Pelatihan UMKM

*Dalam HUT Dekranas ke-44

- PAMERAN- Pengunjung Booth Rumah BUMN Gunung Kidul memilih barang hasil karya mitra binaan PLN. FOTO : DOK.HUMAS/ANING KARINDRA/JATENG POS

JATENGPOS.CO.ID,  SURAKARTA- PLN kembali mengusung 17 Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dalam Expo HUT ke-44 Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) yang berlangsung 15-18 Mei 2024 di Pura Mangkunegaran Surakarta. Dalam rangkaian acara yang dibuka oleh Ibu Negara sekaligus Pembina Dekranas Iriana Joko Widodo, PLN melalui Rumah BUMN Gunungkidul menampilkan karya UMKM binaan berupa produk kriya, wastra nusantara serta ekonomi kreatif.

Sambutan dan apresiasi positif datang dari berbagai pihak termasuk fashion desainer kenamaan nusantara, Niluh Djelantik yang turut singgah booth PLN. Staf Ahli Bidang Keuangan dan Pengembangan UMKM Kementerian BUMN, Loto Srinaita Ginting memberikan apresiasi pada produk UMKM binaan PLN saat meninjau produk UMKM binaan PLN.

“Saya baru belanja produk binaan PLN melalui Rumah BUMN Gunungkidul. Produknya keren dan ternyata ini perajinnya baru saja mendapatkan pelatihan dan pembinaan sehingga produk yang dihasilkan dapat mengikuti selera pasar,” jelas Loto.

Hal senada disampaikan oleh Tri Reni Budiharti, anggota Dekranas bidang daya saing, Tri menyatakan apresiasi pada PLN untuk pembinaan UMKM.

“Terimakasih dengan adanya PLN membina para UMKM tentunya yang kami harapkan kualitasnya akan semakin bagus dan pemasaran dapat berkembang melalui _marketplace_. Sukses selalu untuk para UMKM yang dibina PLN,” tukasnya.

General Manager PLN Unit Induk Distribusi Jawa Tengah dan D.I.Yogyakarta, Mochamad Soffin Hadi menyampaikan, PLN terus berkomitmen untuk mendukung perkembangan UMKM melalui Rumah BUMN Gunungkidul. Dia menambahkan Rumah BUMN Gunung Kidul telah menjadi lokomotif bagi 1.747 UMKM aktif dan 7.700 UMKM yang terdaftar sebagai binaan di wilayah Gunung Kidul.

“Partisipasi PLN dalam Expo Dekranas tidak terlepas dari harapan PLN untuk memajukan UMKM binaan PLN. Rumah BUMN Gunungkidul merupakan binaan PLN dan telah berdiri sejak tahun 2017. Melalui Rumah BUMN ini UMKM mendapatkan pelatihan dan dukungan termasuk mengikuiti pameran dan expo untuk mempromosikan produk UMKM,” tutur Soffin.

Atikka Rismawati, Manager Rumah BUMN Gunungkidul mengungkapkan, keikutsertaan UMKM dalam Expo Dekranas ini merupakan fasilitas yang diberikan oleh PLN sebagai bentuk dukungan terhadap UMKM binaan. Kali ini, Rumah BUMN mengusung 17 UMKM meliputi Didik Warsito, Seven and Only, Rabbit and Turtle, Dhara Djati, ⁠KSA Akar Wangi, YA Leather, Crocodile Art, klangenan, Citra Mata, El-Fata Fashion, FDA Handycraft, Adelinekusuma.id, ⁠GK Silver, Dika Craft, Akar Njambu, Indah Fashion, ⁠Gendhis Rumah Batik.

Selain pameran, UMKM binaan juga mendapatkan berbagai pelatihan untuk meningkatkan karyanya. Hingga Mei 2024, tak kurang dari 5 pelatihan terselenggara untuk mempertajam skill dari UMKM.

“Kami berterimakasih kepada PLN untuk dukungan terhadap Rumah BUMN Gunungkidul sehingga dapat membantu UMKM untuk naik kelas dengan program-program pelatihan ataupun memberikan kesempatan pameran untuk mempromosikan produk,” pungkas Atikka.(aln)