Beranda Jateng Pantura Timur Plt Bupati Kudus: Kiai dan Santri Punya Peran Vital Cegah COVID-19

Plt Bupati Kudus: Kiai dan Santri Punya Peran Vital Cegah COVID-19

6

JATENGPOS.CO.ID, KUDUS – Pemerintah Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, meminta semangat juang para kiai dan santri dalam menghadapi virus corona (COVID-19) jangan pernah pudar karena mereka memiliki pengaruh besar dalam upaya pencegahan, pengendalian, dan penanganan COVID-19 di lingkungan pesantren.

“Untuk itu, kami percaya jika semangat kebersamaan dibangun, maka pandemi COVID-19 akan segera berlalu,” kata Pelaksana tugas Bupati Kudus Hartopo ketika menjadi pembina apel Hari Santri Nasional yang diikuti peserta terbatas di Halaman Pendopo Kabupaten Kudus, Kamis.

Apalagi, kata dia, sejarah bangsa Indonesia dalam meraih kemerdekaan juga tidak terlepas dari semangat juang kiai dan santrinya karena mereka menjadi salah satu garda terdepan melawan penjajahan.

Untuk itu, dia meminta, para kiai dan santri juga memiliki semangat juang tinggi dalam melawan pandemi COVID-19.

Permintaan tersebut, kata dia, sesuai dengan tema Hari Santri Nasional (HSN) 2020, yakni Santri Sehat Indonesia Kuat, pihaknya yakin kiai dan santri punya pengaruh besar dalam upaya pencegahan, pengendalian, dan penanganan COVID-19 di lingkungan pesantren.

Ia juga mengajak semua pihak untuk saling bersinergi dan gotong-royong, mulai dari kiai, santri, dan pemerintah untuk bersatu melawan virus corona.

“Jangan lupa menerapkan disiplin protokol kesehatan di pesantren agar tidak ada kluster baru dan aktivitas kiai maupun santri aman dari bahaya COVID-19,” ujarnya.

Penerapan protokol kesehatan di lingkungan pesantren di Kudus juga sempat menjadi rujukan pesantren dari kota lain.

Plt Bupati Kudus berharap agar Kudus kembali ke zona hijau agar seluruh aktivitas masyarakat, utamanya di pesantren kembali normal. (fid/ant)