PLUT dan MPP Kabupaten Semarang akan Diresmikan Wapres Ma’ruf Amin

MENUJU SEMARANG: Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin bertolak ke Semarang pagi tadi akan meresmikan Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT) Koperasi Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah (KUMKM) Kabupaten Semarang. Rombongan Wapres menggunakan Pesawat Khusus Kepresidenan Boeing 737-400 TNI AU, Selasa (27/12/2022). FOTO:IST

JATENGPOS.CO.ID, UNGARAN– Wakil Presiden RI, KH Ma’ruf Amin, direncanakan meresmikan sarana Mal Pelayanan Publik (MPP) Kabupaten Semarang dan Pusat Pelayanan UMKM Terpadu (PLUT), di kompleks eks Pasar Industri Kecil dan Kerajinan (PIKK) Tuntang, Kecamatan Tuntang, Kabupaten Semarang, Selasa (27/12/2022) hari ini.

Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Semarang, Valeanto Sukendro mengatakan persiapan peresmian sudah dilaksanakan juga penyambutan Wapres oleh Menteri Koperasi dan UKM (Menkop UKM) Teten Masduki, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Bupati Semarang H Ngesti Nugraha.

Menurutnya, informasi Sekretariat Wakil Presiden (Setwapres) RI jadwal Wapres untuk meresmikan MPP dan PLUT Kabupaten Semarang, semua kegiatan sudah dijadwal sesuai rencana awal.

“Wapres Ma’ruf Amin akan meresmikan MPP dan PLUT Kabupaten Semarang di Tuntang. Semua kegiatan masih sesuai dengan jadwal yang telah dirancang sebelumnya,” ujarnya.

Dijelaskan, MPP Kabupaten Semarang menyiapkan 93 jenis pelayanan untuk masyarakat. Pelayanan tersebut diselenggarakan oleh tujuh Instansi vertikal, 14 perangkat daerah, serta empat badan usaha publik, termasuk BPJS.

“MPP ini bertujuan untuk mengintegrasikan hampir seluruh pelayanan umum agar lebih cepat, mudah, nyaman, dan aman,” jelasnya.

Diharapkan pelayanan yang terintegrasi dalam satu tempat itu dapat menjadi daya tarik para investor. Sehingga, akan semakin banyak penanam modal berinvestasi di Kabupaten Semarang.

“Terima kasih atas dukungan semua pihak sehingga MPP dapat terwujud. Komitmen Pemkab Semarang untuk memperluas dan mempermudah pelayanan umum,” tegasnya.

Ia menambahkan, Pemkab telah melakuman soft launching MPP pada Jumat (16/12) lalu, yang ditandai dibukanya 25 gerai instansi dengan 93 pelayanan publik.

Dalam kesempatan ini juga dilakukan penandatanganan nota kesepakatan tentang penyelenggaraan pelayanan publik pada MPP Kabupaten Semarang.

Penandatanganan nota kesepahaman ini antara Pemkab Semarang dengan Forkopimda, Direktorat Jenderal Pajak Jawa Tengah I, Kantor Pertanahan, Kantor Kementerian Agama, Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan Cabang Ungaran, dan Badan Penyelenggaraan Jaminan Sosial Ketenagakerjaan Cabang Ungaran.

“Selain itu juga PT Bank Pembangunan Daerah Jateng Cabang Ungaran, PT Bank BRI (Persero) Tbk Cabang Ungaran, serta Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jateng,” jelasnya. (muz)