Pojok Baca Digital Disebar Ke Seantero Salatiga

Pj Wali Kota Salatiga saat menerima Ikatan Mahasiwa Muhamadiyah. ( foto: ist/ dekan jateng pos)

JATENGPOS.CO.ID, SALATIGA – pj Wali kKota Salatiga Yasip Khasani mengatakan, pemanfaatan pojok baca secara digital akan mendukung minat masyarakat dalam membaca. Rencananya literasi digital ini  akan ditempatkan di seluruh wilayah Kota Salatiga dengan menggunakan pemanfaatan wifi gratis sehingga bisa mengakses kumpulan buku secara digital.

” Saya akan menempatkan pojok baca sebagai langkah literasi digital di seluruh wilayah Kota Salatiga. Pojok baca ini akan diterapkan  secara digital di public space dengan menggunakan free wifi. Misalnya di pojok kota, hotel, pusat keramaian, termasuk di sekolahan, nanti kita tempelkan barcode. Sehingga masyarakat tinggal scan barcode tersebut dan bisa membaca buku dengan bebas tanpa password. Koleksi perpustakaan bisa masuk disitu,” kata yasip saat menerima Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) Kota Salatiga di Ruang Kerja Wali Kota, Jalan Sukowati 51, Selasa (27/02/2024).

Dalam.kesempatan itu, Yasip juga mengajak IMM untuk bisa bekerja secara nyata, tidak hanya di akademik saja melainkan membangun hubungan yang baik dan relasi dengan berbagai pihak.

“Bikin kegiatan yang konstruktif seperti produksi daur ulang sampah. Bangun kerja sama dengan berbagai pihak, misalnya dengan Bank Sampah dan Dinas Lingkungan Hidup dan dinas lainnya,” pesannya.

Menanggapi rencana pojok digital free wifi ini, salah seorang warga Salatiga Risky ( 14) mengaku menyambut gembira, karena ia bisa memanfaatkan pojok baca digital untuk  akses belajar.” Pojok digital free wifi, bisa kita gunakan untuk menunjang pembelajaran para siswa” kata siswa sebuah SMP  negeri di Salatiga ini. ( deb)