Polines Beri Pelatihan Digital Marketing UKM Omah Kopi Tarik

BANTUAN: Tim Polines yang memberikan bantuan alat kepada UKM Makmur Abadi di Tuntang. Foto: ist for jatengpos

JATENGPOS.CO.ID,  SALATIGA – UKM Makmur Abadi/Omah Kopi Tarik yang ada di Jl Pesantren 1 RT 03 RW 02 Gading Tuntang Kota Salatiga Kabupaten Semarang, patut diacungi jempol

UKM ini tidak saja membuat olahan bubuk kopi dan stik kopi. Tetapi juga beberapa produk olahan berupa kerupuk aneka rasa, aneka tumpi sayuran, dan olahan daun eceng gondok.

Produk olahan kopi dipasarkan di tempat penjualan oleh-oleh Kampung Kopi Banaran yang berada di Kecamatan Tuntang.

Namun, UKM ini masih melakukan pemasaran secara offline. Sehingga pemasaran masih terbatas pada area-area tertentu.

Oleh karena itu, dibutuhkan media online yang membantu dalam pemasaran produk.

Melalui program Pengabdian Kepada Masyarakat Kompetitif (PKMK), tim pengabdian program studi Teknologi Rekayasa Komputer Politeknik Negeri Semarang (Polines), memberikan solusi bantuan
penyediaan Aplikasi Manajemen Produk berbasis android.

Tim ini diketuai Mardiyono, S.Kom, M. Sc. Dengan anggota Dr. Ir. Kurnianingsih, S.T., M.T., Wiktasari, S.T., M. Kom., dan Nurseno Bayu Aji, S.Kom.

Serta dua orang mahasiswa Politeknik Negeri Semarang (Faizu Az-Zahra dan Isnaeni Dhiyaa Fathiina).

Bantuan diberikan tanggal 17 Agustus 2022 bertepatan dengan HUT RI ke -77.

Solusi yang diberikan selain Penyediaan Aplikasi Manajemen Produk, juga pelatihan mengoperasikan sistem aplikasi promosi, pemesanan, dan penjualan produk secara online agar mintra dapat meningkatkan penjualan.

Selain itu juga penyediaan alat gilingan stik untuk membantu proses produksi menjadi lebih cepat dan berkualitas.

“Kami berikan pelatihan digital marketing menggunakan media web site yang telah disediakan tim. Mitra diajarkan pemeliharaan isi/konten web site serta promosi, transaksi melalui web site dan media sosial,”kata Mardiyono.

Ketrampilan yang diperoleh juga berupa pembuatan bahan-bahan/feed untuk promosi, penanganan proses transaksi, dan penanganan keluhan pelanggan.

Tahap terakhir yaitu Pendampingan dan Pemeliharaan. Kegiatan pendampingan dilakukan dengan cara diskusi dengan mitra terkait penerapan sistem dan hasil dari pemasaran secara digital. Apabila masih terdapat kendala-kendala aka diselesaikan secara bersama. Sehingga hasil dari kegiatan dapat meningkatkan kualitas/kuantitas produksi dan omset penjualan.

Pemeliharaan dari sistem dilakukan dengan cara penyewaan hosting dan domain selama 1 tahun. Sehingga dapat mendukung pemasaran digital oleh mitra dalam kurun waktu 1 tahun.

“Diharapkan dengan kegiatan ini, UKM Makmur Abadi/Omah Kopi Tarik dapat meningkatkan omset penjualan melalui media website e-commerce dan meningkatkan kualitas dan kuantitas produksi makanan ringan stik rasa kopi dan rasa yang lain,”imbuhnya. (*/dah/jan/bis)