Polres Salatiga Musnahkan 1.270 Knalpot Brong

JATENGPOS.CO.ID,  SALATIGA – Satlantas Polres Salatiga menyita sebanyak 1270 knalpot brong dari awal Januari lalu hingga bulan Maret ini. Barang bukti tersebut kemudian dimusnahkan dengan cara dipotong-potong.

Kapolres Salatiga AKBP Indra Mardiana menjelaskan, selain kepada pengguna knalpot brong, petugas juga melakukan tindakan kepada para penjualnya, juga dilakukan sosialisasi kepada bengkel-bengkel agar tidak memasang knalpot brong.

“ Tidak hanya knalpot brong sepeda motor saja, knalpot mobil pun bila tidak sesuai standar dan ketentuan yang berlaku akan kita tindak. Karena menimbulkan polusi suara dan menggangu kenyamanan pengendara yang lain,” ujar AKBP Indra Mardiana di sela-sela pemusnahan knalpot brong, Selasa ( 22/3).

Pemusnahan knalpot brong dilakukan secara simbolis di halaman Satlantas Salatiga dan dihadiri oleh Wali Kota Salatiga Yuliyanto dan Wakil Wali Kota Muh. Haris serta Forkopimda.

Kapolres menambahkan dengan operasi yang rutin, bisa menciptakan situasi yang kondusif di Salatiga terlebih saat ini menjelang bulan Ramadhan.

“ Untuk itu kami menghimbau kepada masyarakat untuk selalu patuh dan tertib dalam berlalu lintas,” pungkasnya.

Sementara Wali Kota Salatiga Yuliyanto memberikan apresiasi atas kinerja Kapolres Salatiga dan jajarannya, ini sebagai bentuk tanggungjawab bersama untuk menciptakan Kota Salatiga yang kondusif, aman dan tertib.

“ Menjelang bulan Ramadhan ini, mari kita ciptakan situasi Salatiga yang kondusif, termasuk situasi aman dan nyaman di jalan,” ujarnya.

Sementara, Kasatlantas AKP Arfian Rizky mengatakan, pihaknya rutin memberikan sosialisasi baik melaui sekolah-sekolah atau media sosial tentang larangan penggunaan knalpot brong. Tidak hanya larangan knalpot brong, juga sosialisasi tentang kepatuhan dalam berlalu lintas.

“ Untuk hasil operasi keselamatan lalu lintas candi selama 14 hari secara umum terjadi penurunan yang siginifikan angka kecelakaan,” katanya. (deb)