Polres Temanggung Meluncurkan Perpustakaan Keliling

24
Polres Temanggung luncurkan perpustakaan keliling. ANTARA/Heru Suyitno

JATENGPOS.CO.ID, TEMANGGUNG — Kepolisian Resor Temanggung, Jawa Tengah, meluncurkan perpustakaan keliling pada Hari Ulang Tahun ke-75 Bhayangkara untuk meningkatkan minat baca masyarakat.

Kapolres Temanggung AKBP Burhanuddin di Temanggung, Kamis, mengatakan dalam program ini melibatkan para Bhabinkamtibmas menggunakan sepeda motor yang sudah didesain sedemikian rupa di dalamnya berisi buku-buku.

“Sepeda motor yang dikendarai para Bhabinkamtibmas akan keliling di setiap desa atau kelurahan yang ada di Kabupaten Temanggung untuk melayani masyarakat yang akan meminjam buku,” katanya.

Para Bhabinkamtibmas akan menyasar kepada komunitas-komunitas, kelompok remaja atau anak-anak, di situlah masyarakat bisa meminjam dan membaca buku.

Selain pelayanan perpustakaan keliling, katanya para Bhabinkamtibmas juga menerima aduan masyarakat dan pelayanan “door to door” pengantaran SIM, pengantaran SKCK, dan pengantaran pajak kendaraan bermotor.

Ia berharap semoga layanan ini bisa memberi manfaat kepada masyarakat dalam menambah pengetahuan, baik keagamaan maupun pengetahuan umum dan kebangsaan.

Kapolres Temanggung menyampaikan dalam peluncuran perpustakaan keliling ini ada 14 unit kendaraan, ke depan akan ditambah lagi.

Ketua PCNU Kabupaten Temanggung M. Furqon yang hadir dalam perpustakaan keliling tersebut menyampaikan terima kasih dengan peluncuran perpustakaan keliling oleh Polres Temanggung.

Ia menyampaikan peluncuran perpustakaan keliling ini merupakan suatu bukti bahwa Polres Temanggung ikut mencerdaskan bangsa.

“Hal ini akan menjadi forum edukasi bagi masyarakat agar masyarakat di pinggiran, terutama di daerah-daerahpedesaan bisa disisir dengan perpustakaan keliling,” katanya.

Menurut dia program ini merupakan langkah yang strategis di samping untuk melakukan edukasi, mencerdaskan bangsa, dan meminimalisir kriminalitas karena di dalamnya banyak materi buku tentang pendidikan moral.

“Ini juga merupakan suatu langkah untuk deradikalisasi, kegiatan ini penting dilakukan. Oleh karena itu saya selaku pengurus cabang NU menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya kepada Polres Temanggung yang sudah meluncurkan program perpustakaan keliling,” katanya. (fid/ant)