Power Point Tingkatkan Efektifitas PJJ Bahasa Inggris di Sekolah Atas

Sri Bangun, S.Pd Guru Bahasa Inggris SMP Satu Atap Kaliombo Kab. Pekalongan

PJJ yang telah berjalan pada masa pandemi membawa tantangan tersendiri bagi seorang pendidik.  Terlebih bagi pendidik-pendidik di sekolah atas atau berada pada geografi yang sulit. SMP Satu Atap Kaliombo merupakan salah satu sekolah yang berada di daerah atas yaitu berada di Kecamatan Paninggaran  Kabupaten Pekalongan.  Sebagai salah satu pendidik yang mengajar mapel Bahasa Inggris  di sekolah tersebut, penulis juga menemui kesulitan dalam menyampaikan pembelajarannya.

Selama ini penulis menyampaikan pembelajaran Bahasa Inggris berupa materi dalam bentuk file-file Ms.Word dan rekaman suara.  Kemudian peserta didik menuliskan materinya di buku catatan dan mengerjakan latihan soal. Terkadang materi yang disampaikan, penulis ambilkan dari melihat tayangan video dari you tube. Namun pada kenyataannya di lapangan masih banyak peserta didik yang mengeluh dengan cara-cara penyampaian materi tersebut. Kendala sinyal internet juga menambah permasalahan pembelajaran.  Akibatnya pembelajaran Bahasa Inggris tidak dapat memperoleh hasil yang diharapkan. Keaktifan siswa juga berkurang dilihat dari jumlah  siswa yang aktif bertanya dan mengumpulkan tugas.

Melihat permasalahan-permasalahan yang muncul, pada tahun pelajaran baru 2021/2022, penulis mencoba menggunakan media power point untuk solusinya.  Penulis memiliki beberapa alasan dipiihnya media power point sebagai berikut: 1) power point memiliki fitur insert audio, 2) pada insert audio, suara yang digunakan adalah suara langsung dari pendidik sehingga harapannya dapat terjalin kedekatan emosional antara pendidik dengan peserta didiknya, 3) tampilan slide pada power point dapat dikreasikan sehingga menarik bagi peserta didik, 4) ukuran file relatif kecil dan mudah untuk didownload  dan disimpan baik pada perngkat HP siswa maupun pada perangkat lain seperti flashdisk , 5) file yang sudah mereka download  dapat dilihat kembali tanpa memerlukan akses internet mengingat hampir 90% siswa berada pada daerah yang terkendala akses internetnya, 6) karakteristik pembelajaran Bahasa Inggris sebagaimana yang disebutkan dalam buku Guru bahasa Inggris kelas VII bahwa karakteristik pembelajaran bahasa Inggris diantaranya pada penguasaan kompetensi Bahasa Inggris yaitu kemampuan menggunakan bahasa Inggris untuk berkomunikasi dalam wacana interpersonal, transaksional dan fungsional dimana kemampuan tersebut dapat dicapai melalui kegiatan berbicara, menyimak/mendengarkan, membaca dan menulis.

Dengan didasarkan pada alasan-alasan tersebut penulis merasa pemilihan media power point sangatlah tepat untuk pembelajaran Bahasa Inggris , terlebih bagi peserta didik kelas VII yang mana mapel bahasa Inggris adalah mapel yang baru mereka dapatkan di SMP. Peserta didik memerlukan media yang dapat menampilkan materi dan suara sekaligus untuk mereka lihat dan dengarkan. Pelafalan dan cara pengucapan ungkapan-ungkapan atau kata-kata dalam bahasa Inggris  dapat mereka dapatkan melalui media power point.

Penggunaan power point  pada pembelajaran Bahasa Inggris di SMP Satu Atap Kaliombo terbukti sangat efektif dalam meningkatkan kompetensi siswa pada mapel ini. Hal ini dapat dilihat dengan semakin meningkatnya peserta didik yang aktif dalam pembelajaran dan mengumpulkan tugas baik tugas berupa teks tulis  maupun lisan. Tentu saja dalam hal ini yang tidak kalah pentingnya adalah sejauh mana para pendidik menguasai aplikasi power point ini , mengingat tidak semua guru memilki kompetensi ini. Walaupun aplikasi power point sudah dikenal sangat lama, masih banyak para pendidik di daerah atas yang tidak memanfaatkan  media power point ini pada pembelajaran biasa atau tatap muka. Pendidik beralasan lebih mudah menyampaikan secara langsung di papan tulis karena sekolah kurang sarana dan prasarananya dan persiapan materi PPt memerlukan waktu agak lama membuatnya. Dengan demikian, sebaiknya pihak sekolah menjembatani permasalahan ini dengan mengadakan workshop di sekolah atau menghimbau para pendidik untuk meningkatkan kompetensinya melalui media sosial.

Pada akhirnya penulis berharap banyak para pendidik lain yang menggunakan power point baik dalam  PJJ pada masa pandemi ini maupun pada pembelajaran tatap muka.

Oleh :

Sri Bangun, S.Pd

Guru Bahasa Inggris

SMP Satu Atap Kaliombo Kab. Pekalongan