PPT sebagai Pembelajaran yang Ideal pada Mata Pelajaaran IPS

Sri Rejeki, S.Pd., M.Si

            Pembelajaran yang Ideal adalah dambaan bagi setiap peserta didik dalam mengikuti setiap pelajaran disekolah karena mampu mendorong kreativitas peserta didik secara keseluruhan, membuat peserta didik aktif, mencapai tujuan pembelajaran secara efektif dan berlangsung dalam kondisi berarti tercapainya tujuan dari suatu pembelajaran.  Menurut Gegne (dalam Pribadi, 2009:9) menjelaskan pembelajaran adalah serangkaian aktivitas yang sengaja diciptakan dengan maksud untuk memudahkan terjadinya proses belajar. Peserta didik yang senang mengikuti pembelajaran disekolah khususnya mata pelajaran IPS di SMP Negeri 1 Kaliwungu Kabupaten Kendal, karena cara guru dalam menyampaiakan materi pelajaran dengan memanfaatkan kesanggihan dari teknologi.

Saat ini teknologi berkembang dengan sangat pesat, sehingga tidak mengherankan bahwa akhir–akhir ini sering bermunculan istilah piranti atau perangkat baru  dalam kegiatan Kemendambakan kemudahan dalam proses kegiatan pembelajaran yang diikutinya disekolah. Salah satu wujudnya adalah dalam bentuk kecanggihan teknologi komputer yang digunakan dengan memanfaatkan fasilitas  PwerPoint (PPT). Microsoft PowerPoint atau Microsof PowerPoint atau PowerPoint adalah sebuah program pomputer untuk presentasiyang dikembangkan oleh Microsoft didalam paket aplikasi. PPT dapat menjadi poin penting dalam kegiatan pembelajaran disekolah dalam mata pelajaran IPS. Karena IPS merupakan mata pelajaran yang mengkaji tentang isu-isu sosial dengan unsur kajiannya dalam konteks peristiwa, fakta, konsep, dan generalisasi. Tema yang dikaji dalam IPS adalah fenomena-fenomena yang terjadi di masyarakat baik masa lalu, masa sekarang, dan kecenderungannya di masa-masa mendatang dengan tujuan unuk membina peserta didik menjadi warganegara yang mempu mengambil keputusan secara demokratis dan rasional yang dapat diterima semua golongan yang ada di masyarakat. PowerPoint sebagai salah satu aplikasi dari Microsoft yang diperuntukkan sebagai medi presentasi materi pelajaran sekolah.

Pembuatan PPT bagi guru merupakan suatu hal yang akan membantu dalam kelangsungan kegiatan pembelajaran dikelas. Langkah-langkah pembuatan PPT IPS untuk prsentasi dikelas yaitu: Pertama, buka PowerPbuat resentasi dari awal atau dari templat (materi pelajaran IPS). Kedua, menambahkan teks, gambar/foto, seni, dan video (sesuai materi pelajaran). Ketiga, memilih desain professional dengan powerPont designer. Keempat, tambahkan transisi, animasi, dan gerakan. Kelima, simpan PowerPoint materi pelajaran ke Dokumen Komputer atau laptop atau flasdisk. Keenam, siap menggunakan PowerPoint dalam pembelajaran IPS dikelas.

Materi pelajaran yang sudah dalam bentuk PowerPoint akan dengan mudah dipergunakan guru dalam menyampaiakn meteri pelajaran khususnya IPS. Materi pelajaran IPS yang selama ini dianggap oleh peserta didik sebagai mata pelajaran yang membosankan karena banyaknya  teori-teori konsep yang sulit diingat menjadi mudah dipahami. Materi IPS di SMP/MTs meliputi Ekonomi, Sejarah, Gepgrafi, dan Sejarah. PPT menyajikan gambar/foto atau vedio animasi sebagai penunjang menjelaskan konsep-konsep materi IPS tersebut, sehingga peserta didik dapat focus dengan materi pelajaran saat sisampaikan kepada guru dikelas. Peserta didik tidak akan bosan dalam mengikuti pelajaran IPS karena maateri pelajaran yang disampaiakan akan mudah dipahapi sehingga tujuan pelajaran IPS akan tercapai sesai yang diharapkan. Hasil prestasi yang memuaskan tentunya meurpakan daambaan dari peserta didik, semua itu terjadi bilamana guru dapat memberikan yang terbaaik dalam menyampaikan materi pelajaran. Kesenangan peserta didik dalam mengikuti perajaran tersebut dibuktikan dengan prestasi akademik yang diperoleh pada saat Ulangan Harian, Ulangan Tengah Semester, Penilaian Akhir Semester maupun Penilaian Akhir Tahun Pelajaran. Guru yang baik adalah yang bisa memahami keinginan dari peserta didik, perasaan nyaman dan menyenangkan dalam pelaksaan poses pembelajaran baik dari awal pelajaran sampai akhir maateri pelajaran disampaikan.

            Pelaksanaan proses pembelajaran IPS di SMP Negeri 1 Kaliwungu Kabupaten Kendal menggunakan PowerPoint (PPT) sebagai pembelajaran yang ideal dalam penyampaian materi pelajaran IPS.

 

Oleh : Sri Rejeki, S.Pd., M.Si

Guru IPS SMP Negeri 1 Kaliwungu Kabupaten Kendal