Prabowo-Gibran 46,7%, Ganjar-Mahfud 21,7%, AMIN 21,7%

Capres Prabowo Subianto dan Cawapres Gibran Rakabuming Raka. FOTO:IST/DOK. JATENGPOS

JATENGPOS.CO.ID, JAKARTA– Lembaga Survei Populi Center merilis survei terbaru, salah satunya terkait elektabilitas tiga pasang calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) di Pemilu 2024. Survei menunjukkan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka unggul di atas dua paslon lainnya.

Survei ini dilakukan pada 28 November hingga 5 Desember 2023. Sampel responden tersebar secara proporsional di 38 provinsi di Indonesia, termasuk di 4 (empat) Daerah Otonomi Baru, yaitu Papua Tengah, Papua Barat Daya, Papua Pegunungan, dan Papua Selatan.

Metode pengambilan data dalam survei ini dilakukan melalui wawancara tatap muka (face to face interview) dengan menggunakan aplikasi survei Populi Center kepada 1.200 responden yang dipilih menggunakan metode acak bertingkat (multistage random sampling). Margin of Error (MoE) diperkirakan ± 2,83 persen dan tingkat kepercayaan 95 persen.

Peneliti Populi, Dimas Ramadhan, menjelaskan bahwa Prabowo-Gibran berada di atas pasangan calon Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md. Anies-Cak Imin dan Ganjar-Mahfud memperoleh angka yang sama.

“Data menunjukkan bahwa pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka mendapat elektabilitas tertinggi dengan 46,7 persen. Di urutan selanjutnya pasangan Ganjar Pranowo-Mahfud Md serta Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar mendapat angka yang sama, yakni sebesar 21,7 persen,” kata Dimas Ramadhan dalam paparannya, Senin (11/12/2023).

Elektabilitas 3 pasangan capres dan cawapres versi survei Populi Center berikut ini; Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming: 46,7%, Ganjar Pranowo-Mahfud Md: 21,7%, Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar: 21,7%, Belum memutuskan: 8,1%, dan Menolak menjawab: 1,8%.
Sementara itu, lembaga riset internasional Ipsos Public Affairs merilis hasil survei elektabilitas capres dan cawapres di Pilpres 2024. Hasilnya, paslon nomor urut 2, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka berada di teratas dengan angka 42,66%.

Lalu, di posisi kedua Ganjar Pranowo-Mahfud Md 22,95% dan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar 22,13%. Deputi Direktur Ipsos Public Affairs Sukma Widyanti mengatakan elektabilitas Ganjar-Mahfud mengalami penurunan.

“Sementara itu secara alamiah, elektabilitas Ganjar-Mahfud Md mengalami kemerosotan signifikan lantaran basisnya yang berasal dari pendukung Jokowi, sebagian besar mengalihkan dukungan pada Prabowo-Gibran,” kata Sukma dalam jumpa pers daring, Senin (11/12), dilansir dari detikcom. (dtc/muz)