Pramuka Diharapkan jadi Percontohan Perilaku Saat Pandemi

HARI PRAMUKA : Ketua Kwarcab Pramuka Karanganyar, Kurniadi Maulato bersama Bupati Karanganyar, Juliyatmono saat acara hari Pramuka ke-60. Foto : Yasin/Jateng Pos
JATENGPOS.CO.ID, KARANGANYAR – Kwarcab Pramuka Kabupaten Karanganyar berharap di peringatan Hari Pramuka ke-60 ini, Pramuka bisa menjadi tauladan perilaku masyarakat di tengah pandemi. Pasalnya aneka kegiatan butuh penyesuaian agar nilai-nilai kepramukaan tetap bisa ditanamkan sesuai keadaan yang ada.

Menurut Staf Kwarcab Pramuka Karanganyar, Amir Burhanuddin, Kwarcab Pramuka Karanganyar sudah membentuk duta perubahan perilaku. Saat ini, duta perilaku sudah bertugas dan memberi contoh perilaku Pramuka yang harus dilakukan di masyarakat.

“Di tengah pandemi ini kita sedang mempersiapkan perilaku Pramuka sebagai percontohan di masyarakat. Sejumlah kegiatan kan harus daring, edukasi prokes, itu perlu kita buat penyesuaian,” jelasnya pada wartawan, kemarin.

Disebutkan dia, sejumlah rangkaian kegiatan sudah dilakukan dalam memperingati Hari  Pramuka ke-60, yakni kegiatan renungan ulang janji dilaksanakan pada tanggal 13 Agustus 2021, Upacara Hari Pramuka tingkat Kwarcab tanggal 14 Agustus 2021 di Ruang  Anthorium Rumdin Bupati, Donor darah tanggal 26 Agustus 2021, Sarasehan Hari Pramuka di SIC Kominfo tanggal 24 Agustus 2021 dan pada tanggal 31 Agustus itu upacara Hari Pramuka tingkat daerah.

“Tentu kita berharap pandemi ini juga segera berakhir, dan selama pandemi ini dalam berkegiatan selalu mematuhi protokol kesehatan,” ujarnya. (yas/rit)