Produk Batik dari Salatiga Diminati Pengunjung Pameran Expo Dekranas

BATIK SALATIGA: Stand Disperinaker Salatiga yang memamerkan kerajinan batik. ( foto ; ist/dekan jateng pos).

JATENGPOS. CO. ID, SALATIGA- Pemkot Salatiga melalui Dinas Perindustian dan Tenaga Kerja ( Disperinaker) Salatiga mengirimkan duta untuk ikut acara pameran Expo Usaha Mikro Kecil dan Menengah ( UMKM) dalam rangka hari ulang tahun ke-44 Dewan Kerajinan Nasional ( Dekranas) 2024 di Mangkunegaran Solo.

Duta UMKM yang dikirim salah satunya adalah kerajinan batik Suryosuman milik Kuntarsih (52) warga Blondo Celong RT. 06 RW 08, Kelurahan Kutowinangun Kidul, Salatiga yang memiliki perhatian besar terhadap pelestarian batik di Kota Salatiga.

Dalam pameran tersebut, batik yang dipamerkan merupakan batik klasik maupun kontemporer khas Suryosuman dengan pengaruh batik khas Mangkunegaran yang merupakan lelulur dari Kuntarsih yang dipadukan dengan ciri khas Salatiga. Produk batik yang dipamerkan merupakan batik tulis maupun batik kombinasi, baik berupa kain panjang maupun fashion dan hasil kriya.

Ada juga motif batik yang khas Salatiga yang tidak dimiliki oleh Mangkunegaran, yaitu batik Mangkoro dan Nogo Topo. Selain batik pakem yang ada, Kuntarsih dibantu oleh anaknya, terus berinovasi untuk menciptakan motif-motif batik khas Salatiga kontemporer.

“ Dalam expo 4 hari kemarin sambutan pengunjung yang mengunjungi stan Salatiga antusias dan baik sekali, dari buku hadir sekira dua ribuan pengunjung, baik dari instansi maupun perorangan. Ada dari yayasan batik sejumlah daerah, termasuk dari NTT, perwakilan Panti Budaya Puro Mangkunegaran, Wakil Wedono Budoyo Kraton Jogja, rombongan putri kebudayaan, desainer nasional Didiet Maulanan dan juga rombongan ibu Tito Karnavian,” kata Kuntarsih,Minggu ( 26/5/2024).

Kuntarsih berharap dengan mengikuti expo ini batik dari Salatiga bisa go nasional, karena cukup lumayan pengunjung yang datang dan bertransaksi dan juga penjajagan bisnis dengan sejumlah buyer lainnya. “ Saya ucapkan banyak terimakasih kepada Disperinaker Kota Salatiga yang sudah membina dan mempercayakan kepada kami, ” katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja Kota Salatiga Susanto Adi Wibowo mengatakan, expo Dekranas kemarin dapat menjadi ajang promosi industr kecil menengah ( IKM) dari Salatiga. “ Disperinaker sebagai OPD yang menaungi Dekranasda mengikutertakan 2 IKM yaitu batik Suryosuman dari Kutowinangun Kidul dan Quilt Blang Havilah Mas, kerajinan kain perca,” jelasnya.

Dikatakan Adi, antusiasme pengunjung yang berkunjung ke stand Salatiga cukup baik, rata-rata per harinya ratusan orang. Untuk omzet yang didapat IKM dalam expo ini juga cukup, meski belum menutup biaya operasional pameran karena disuport APBD.” Namun IKM yang kami fasilitasi senang dan bersyukur karena sudah diberi kesempatan mengenalkan produk go nasional melalui pameran,” kata Adi, Minggu ( 26/5/2024).(deb/jan)