Program Vaksinasi untuk UMKM Semarang

Sentra Vaksin Tokopedia - HIPPINDO

VAKSINASI: Peserta vaksinasi pelaku UMKM disuntik vaksin Covid-19 oleh petugas kesehatan di sentra vaksin Tokopedia/HIPPINDO di Audotorium Undip Semarang.

JATENGPOS.CO.ID, SEMARANG – Tokopedia bersama Himpunan Peritel dan Penyewa Pusat Perbelanjaan Indonesia (HIPPINDO), Kemenkop dan UKM RI serta TNI berkolaborasi dengan Pemprov Jateng, KADIN Jateng, DPP dan DPD IKA UNDIP Jateng serta UNDIP untuk menghadirkan sentra vaksinasi khusus UMKM di Semarang.

Kolaborasi ini untuk mendukung penanganan pandemi sekaligus pemulihan ekonomi. Program vaksinasi ini diselenggarakan di Auditorium Universitas Diponegoro, Semarang, Jawa Tengah. Vaksin dosis pertama akan berlangsung selama 28 Juli hingga 10 Agustus 2021, sementara dosis ke-dua selama 25 Agustus hingga 7 September 2021.

“Kolaborasi yang dilakukan bersama berbagai mitra strategis, mulai dari pihak pemerintah hingga mitra strategis lintas sektor lainnya, diharapkan dapat lebih melindungi masyarakat, termasuk UMKM Semarang, dari pandemi COVID-19. Mengingat UMKM penyokong 60% PDB Indonesia sehingga dipercaya dapat mendorong pemulihan ekonomi,” ujar Astri Wahyuni, Direktur Kebijkan Publik dan Hubungan Pemerintah Tokopedia, belum lama ini.

Program vaksinasi ini berlaku untuk penjual asal Semarang di Tokopedia yang telah mendaftarkan diri melalui aplikasi Tokopedia. Pendaftar hanya perlu mengisi informasi sesuai KTP dan nama toko .

“Kami berharap bisa melakukan vaksinasi bagi lebih banyak masyarakat – terdiri dari UMKM, tenaga kerja industri, karyawan serta masyarakat umum di Jawa Tengah – setiap harinya. Percepatan vaksinasi COVID-19 bersama Tokopedia dan mitra strategis lainnya adalah kunci dalam menghadapi pandemi ini,” terang Budihardjo Iduansjah, Ketua Umum HIPPINDO.

Sebelumnya, Tokopedia bersama HIPPINDO telah meluncurkan program vaksinasi gratis khusus UMKM di DKI Jakarta. Rencananya program vaksinasi ini juga akan digelar di beberapa kota besar di Indonesia. Selain mendukung program vaksinasi, Tokopedia juga telah melakukan berbagai upaya demi membantu penanganan pandemi COVID-19. Salah satunya, Tokopedia telah menetapkan kebijakan pengendalian harga obat dan kebutuhan terkait penanganan COVID-19. (biz/ucl)