Progres Pengerjaan Capai 20 Persen

PLTGU Blok 3 Tambaklorok Ditarget Selesai Oktober 2020

JATENGPOS.CO.ID, SEMARANG – Progres pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Gas Uap (PLTGU) Blok 3 Tambaklorok Semarang sudah mencapai 20%. Direktur Utama PT Indonesia Power, Sripeni Inten Cahyani mengatakan, proyek ini menelan anggaran sebesar Rp 5,8 triliun, dan lebih ramah lingkungan sekaligus efisien. Adapun PLTGU blok 3 tersebut nantinya akan menyumbang listrik sebesar 779 Megawatt (MW).

“Saat ini progresnya cukup baik sudah 20% untuk pembangunannya. Nantinya setelah jadi akan menambah pasokan listrik di Jawa Tengah,” katanya, Jumat (22/3).

Dijelaskan, PLTGU tersebut lebih cepat beroperasi dibandingkan PLTU. Sebab PLTU membutuhkan waktu 8 sampai 12 jam untuk beroperasi. Sedangkan PLTGU hanya butuh hitungan menit saja.

“PLTGU lebih efisien karena hanya dalam hitungan menit bisa langsung beroperasi. Beda jika dibandingkan PLTU yang butuh waktu 8 sampai 12 jam untuk beroperasi,” jelasnya.

Menurutnya, kapasitas listrik yang dihasilkan Indonesia Power UP Semarang saat ini sebesar 900 MW dari 2 blok yang tersedia. Sehingga, pembangunan blok 3 tersebut sangat diperlukan untuk menyeimbangkan tegangan. Sebelumnya, Pelaksana General Manager PT Indonesia Power UP Semarang Eko Yuniarto mengatakan, pembangunan blok 3 sudah dilakukan sejak Februari 2018 lalu dan rencananya akan Selesai Oktober 2020 mendatang.

Sementara itu, Manager Operasi Indonesia Power UP Semarang Doni Bakar menjelaskan, jika pembangunan blok 3 kali ini merupakan efisiensi. Efisiensi yang dimaksud adalah jumlah total bahan bakar yang digunakan untuk menjalankan pembangkit dan menghasilkan tenaga listrik sebanyak 62%. (aln/muz)