PSIS Incar Kemenangan Pertama

bola.net

JATENGPOS.CO.ID,  SEMARANG – PSIS Semarang akan menjamu Barito Putera pada laga pekan ketiga BRI Liga 1 2022/2022 di Stadion Jatidiri, Sabtu (06/08/2022) sore pukul 15:30 WIB, disiarkan langsung Indosiar dan live streaming Vidio.com.

Laga ini penting bagi Mahesa Jenar untuk memperbaiki peringkat mereka di klasemen Liga 1 2022/2023. Pasalnya, PSIS sejauh ini belum meraih kemenangan, baru 1 seri dan 1 tumbang.

PSIS, sang tuan rumah, belum menunjukkan performa mengesankan pada dua laga awal BRI Liga 1. Mahesa Jenar belum pernah menang. Mereka imbang 1-1 saat menjamu RANS Nusantara FC lalu kalah dengan skor 2-1 pada duel di markas Arema FC.

Di sisi lain, Barito Putera yang berjuluk Laskar Antasari, juga tidak istimewa. Klub asal Kalimantan itu baru menuai 3 angka. Namun, setidaknya ada perbaikan untuk Barito, yang kalah 8-0 dari Madura United di matchday pertama Liga 1 2022/2023, lalu bangkit dengan membungkam Borneo FC 3-1.

Pada pertemuan musim 2021/2022 lalu, kedua tim saling mengalahkan. Saat menjadi ‘tim tamu’ PSIS menang dengan skor 1-0 lewat gol Jonathan Cantillana. Sementara, saat menjadi ‘tuan rumah’, PSIS kalah dengan skor 2-1 dari Barito Putera.

PSIS mendapat kabar baik dengan kembali berlatihnya Carlos Fortes jelang laga kontra Barito Putera. Akan tetapi, tidak ada jaminan Fortes sudah 100 persen pulih dan siap bermain sejak menit awal pada duel nanti.

PSIS belum dalam performa terbaik dan Carlos Fortes mungkin masih belum bisa bermain. Akan tetapi, mereka akan bermain di kandang dan bakal mendapat tenaga ekstra dari para pendukungnya.

Dua hasil tak memuaskan ini diakui karena nihilnya predator di lini depan, sementara Carlos Fortes masih menepi akibat cedera hamstring dan perlu waktu pemulihan.

Namun, CEO PSIS Semarang, Yoyok Sukawi belum lama ini memberi kabar bahagia mengenai kondisi Carlos Fortes. Striker asal Portugal itu ditengarai sudah bisa berlatih normal. “Kamis (04/08/22) Fortes sudah bisa latihan reguler. Dia disiapkan untuk pertandingan melawan Barito Putera,” ujar Yoyok Sukawi.

Di sisi lain, Barito Putera baru saja mencoret pemain asing Ryota Noma, dan menukarnya dengan kapten timnas Filipina, Mike Ott.  Setelah bergabung dalam latihan Barito Putera, ada kemungkinan Mike Ott juga akan menjalani debut di Liga 1 2022-2023 dalam laga kontra PSIS Semarang nanti.

Barito Putera memang telah bangkit dan menang atas Borneo FC pada pekan kedua. Akan tetapi, lini belakang mereka belum cukup rapi. Situasi ini bisa menjadi titik lemah Barito Putera.

Taisei Marukawa menunjukkan kualitasnya sebagai gelandang PSIS Semarang. Ia telah mencetak dua gol dari dua laga, walaupun PSIS baru mencetak dua gol di musim ini. Karenanya, Marukawa berambisi untuk mencetak lebih banyak gol agar bisa mempersembahkan kemenangan perdana bagi Laskar Mahesa Jenar di kandangnya.

Musim lalu saat masih membela Persebaya, Taisei Marukawa sukses menjebol gawang Barito, dan melesakkan satu assist. Musim ini bersama PSIS, tentu akan lebih mudah baginya untuk membaca formasi lawan.

Rafael Silva menjadi aktor penting dalam kemenangan Barito Putera atas Borneo FC pekan lalu. Ia mencetak gol pembuka dan membawa Laskar Antasari menang 3-1. Barito Putera sangat memerlukan Rafael Silva yang bisa mencetak gol cepat, agar pemain lain bisa percaya diri di sisa waktu, kemudian tim bisa menambah kedudukan.

Rafael Silva juga menjadi salah satu striker asing berpengalaman di Liga 1. Ia tentu tak ingin ‘mandul’ dan ingin mengukir namanya di papan skor, sekaligus menjadi top skor.

Saat ini PSIS berada diperingkat 15 klasemen sementara BRI Liga 1, dengan koleksi 1 poin dari 2 laga yang dimainkan. Sementara Barito kini berada diperingkat 11 dengan mengemas 3 poin dari 2 laga yang dimainkan. Prediksi skor PSIS Semarang 2 – 0 Barito Putera. (bol/riz)